Sukses

Dede si 'Manusia Akar' Kembali Masuk Rumah Sakit

Meski sempat menjalani operasi pengangkatan kutil yang berada ditubuhnya, kini kutil yang dulu telah mengecil kini kembali tumbuh besar.

Liputan6.com, Bandung Masih ingat dengan Dede Koswara (46), manusia akar yang sempat mengguncang dunia internasional karena menderita kutil disekujur tubuhnya?

Pria asal Kabupaten Bandung Barat ini kini kembali harus menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Hasan Sadikin Kota Bandung.

Meski sempat menjalani operasi pengangkatan kutil yang berada ditubuhnya, kini kutil yang dulu telah mengecil kini kembali tumbuh besar.

Kedua tangan dan kaki Dede kini hampir kembali seperti beberapa tahun silam. Ketua Tim Dokter Penanganan Dede, Oki Suarsa mengatakan akibat tumbuhnya kutil ini, Dede kesulitan dalam aktivitas sehari-hari.

"Aktivitas pasien terganggu. Makan dan minum saja harus dibantu," katanya saat ditemui di RSHS Bandung, Selasa (29/9/2015).

Menurutnya hingga saat ini pihaknya masih melakukan penelitian dan pemeriksaan lebih lanjut termasuk berapa jumlah berat kutil yang kini ada dalam tubuh Dede.

"Untuk ukuran kita belum tahu pasti. Hanya saja ukurannya tidak jauh berbeda ketika pasien masuk ke sini pada 2007," ungkapnya.

"Namun tanda-tanda vital seperti tekanan darah, nadi, respirasi masih dalam batas normal," bebernya. Sementara itu Dirut RSHS Ayi Djembarsari mengatakan hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan observasi.

"Karena pasien baru masuk, kita masih melakukan pengumpulan data. Kami masih berdiskusi apa yang akan dilakukan terhadap pasien," ucap Ayi.

Untuk pembiyaan sendiri, biaya berobat sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah karena Dede terdaftar di BPJS Kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini