Sukses

Berapa Lama Orang dengan Skizofrenia Harus Minum Obat?

Secara umum orang dengan Skizofrenia (ODS) diharuskan mengonsumsi obat jangka panjang.

Liputan6.com, Jakarta Secara umum orang dengan Skizofrenia (ODS) diharuskan mengonsumsi obat jangka panjang. Namun, sejumlah penelitian mengungkapkan, jika gangguan kejiwaan itu ditemukan sedini mungkin dan langsung diobati, kemungkinan mengonsumsi obat seumur hidup sangat kecil.

"Pada episode pertama mengalami gangguan ODS langsung mendapat pengobatan, kita akan menyarankan untuk terus minum obat secara teratur sampai benar-benar remisi gejalanya hilang. Dipertahankan sedikitnya dua tahun," kata Psikiater dari RSCM Kencana dr Agung Kusumawardhani, SpKJ (K) di Jakarta, Senin (28/9/2015)

Setelah itu, dokter akan mengevauliasinya. Jika hasilnya bagus, ODS tidak perlu minum obat lagi. Tapi kalau ODS mengalami kondisi itu berulang kali dannkerap kambuh, akan dianjurkan minum obat selama lima tahun.

"Kalau ada kondisi di mana ODS menyerang orang lain atau dirinya sendiri, sebaiknya minum obat terus menerus meski gejala mereda daripada ambil risiko," kata Agung menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.