Sukses

Pria Lebih Rentan Alami Gangguan Jiwa

Skizofrenia dapat menyerang siapa saja.

Liputan6.com, Jakarta Skizofrenia dapat menyerang siapa saja. Tidak pandang bulu, pria maupun wanita dapat terserang gangguan jiwa jenis ini. Hanya saja, pria dianggap lebih rentan mengidap Skizofrenia ketimbang wanita.

Psikiater dari RSCM Kencana dr Agung Kusumawardhana SpKJ(K) mengatakan, hal ini karena wanita memiliki hormon yang dapat memproteksi gangguan ini. "Wanita memiliki hormon estrogen, yang membuat mereka baru merasakan gejala dari skizofrenia di usia 20-30 tahun," kata Agung ditulis Health Liputan6.com, Selasa (29/9/2015).

Adapun pria, kata Agung, lebih mudah terkena di usia 18 tahun, seperti remaja kebanyakan. Tapi, jika sudah lewat dari usia-usia yang rentan, maka sangat kecil kemungkinan untuk mengidap skizofrenia.

Lebih lanjut, pola hidup yang buruk dan gangguan DNA disebut sebagai penyebab Skizofrenia yang sudah ada sejak dalam kandungan. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.