Sukses

Resep dan Manfaat Jarak Cina

Dua bagian pohon jarak cina yang dapat dimanfaatkan untuk dibuat ramuan adalah daun dan tangkainya yang mengandung getah

Liputan6.com, Jakarta Dua bagian pohon jarak cina yang dapat dimanfaatkan untuk dibuat ramuan adalah daun dan tangkainya yang mengandung getah. Secara umum tanaman ini biasa digunakan secara tunggal atau tidak perlu campuran tanaman obat lainnya.

Berikut contoh ramuannya:
Untuk luka luar
Ambil satu tangkai daun jarak cina. Setelah dicuci, langsung patahkan bagian tangkainya hingga keluar getahnya. Ada baiknya luka dibersihkan dengan air atau cairan alkohol sebelum ditetesi getah. Ingat, karena getah ini sifatnya sangat perih, sebaiknya batasi penggunaannya, terlebih bagi mereka yang tidak kuat dengan sakit.

Cara lain, dapat juga dengan memanfaatkan daunnya. Siapkan beberapa lembar daun jarak cina yang masih segar. Setelah dicuci, tumbuk sampai halus. Saat ditumbuk, akan keluar cairan. Cairan inilah yang kemudian dibalutkan pada luka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Untuk gangguan pegal linu maupun rematik

Untuk gangguan pegal linu maupun rematik

Siapkan beberapa lembar daun jarak cina, lalu tumbuk hingga keluar cairan. Setelah itu teteskan obat gosok secukupnya. Penambahan obat gosok yang mengandung minyak atsiri ini dimaksudkan untuk membuka pori-pori kulit agar cairan daun jarak cina dapat meresap ke dalamnya. Setelah tercampur, borehkan ke bagian tubuh yang terasa pegal atau linu.

Tanaman yang dalam bahasa Latin disebut Jatropha curcas ini masuk dalam famili Euphorbiaceae. Getahnya berwarna putih keruh, bunganya bergerigi mirip daun pepaya, bahkan orang sering menyamakan bentuk daunnya dengan ganja. Uniknya, tak hanya masyarakat Indonesia yang memiliki pengalaman dengan jarak cina. Masyarakat luar negeri ternyata juga punya cerita. Orang Kamerun misalnya, sering menggunakan rebusan daun jarak cina untuk pengobatan artritis atau radang sendi.

Penduduk Kolombia meminum rebusan daun tanaman ini untuk menyembuhkan penyakit kelamin. Sementara itu, warga Kuba memanfatkan getahnya untuk menyembuhkan sakit gigi. Satu lagi cerita, mungkin Anda tak akan percaya betapa banyak manfaat jarak cina untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini