Sukses

Dari Jahe hingga Gingseng, Berikut 12 Daftar Herba Penurun Berat

Liputan6.com, New Delhi Jumlah tanaman herba dan rempah-rempah tumbuh subur di negeri kita amat banyak. Sebut saja jahe, kayu manis, lada hitam dapat kita temukan dengan mudah di pasar bahkan di dapur.

Tak cuma sebagai tanaman herba dan rempah-rempah yang mampu melezatkan makanan, berbagai penelitian tunjukkan bisa juga untuk meningkatkan metabolisme, rasa kenyang, mengatur berat badan, dan membuang lemak lebih cepat.

Ahli gizi sekaligus pendiri Nutrilife Health Management, Shilpa Mittal menyebutkan paling tidak ada 12 jenis herba dan rempah-rempah untuk membantu mengatur berat badan seperti dilansir dari laman Times of India, Senin (28/9/2015).

1. Kayu manis
Kayu manis merupakan salah satu herba terbaik untuk menurunkan berat badan karena mampu menstabilkan gula darah. Serta membuat perut terasa kenyang lama dan mempercepat pembakaran lemak.

2. Jahe
Biasa ada di dapur sebagai bumbu masakan, tapi jahe juga baik sebagai pembersih tubuh.

3. Kunyit
Bumbu dapur berwarna oranye ini memiliki bebreapa sifat penurunan berat badan. Diantaranya membantu mengurangi pembentukan jaringan lemak sehingga menurunkan total lemak tubuh dan mencegah kenaikan berat badan/

4. Ginseng
Gingseng membantu meningkatkan energi dan mempercepat laju metabolisme.

5. Lada hitam
Terdapat senyawa bernama piperin yang membantu meningkatkan metabolisme. Selain itu juga membantu meningkatkan sistem pencernaan dan membantu membakar lemak lebih cepat.

6. Jinten
Jinten mampu meningkatkan metabolisme tubuh serta membantu meningkatkan proses pencernaan.

7. Minyak kelapa
Minyak kelapa membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mempercepat penurunan berat badan.

8. Biji adas
Biji kecil yang satu ini membantumengatur rasa lapar serta membersihkan hati.

9. Hibiscus (bunga sepatu)
Bunga yang satu ini kaya dangan kandungan yang mampu melawan kegemukan seperti kromium, asam askorbat, dan asam hidroksi.

10. Biji rami
Biji rami mampu memberikan perasaan kenyang. Hal ini tentu dapat mencegah dari makan berlebihan dan mensukseskan berat badan.

11. Dandelion
Bunga yang satu ini mampu memperlambat pencernaan dan membuat kenyang lebih lama.

12. Acai berry
Studi menunjukkan jus dari Acai berry atau bubuk kering Acai berry dapat meningkatkan kemampuan untuk menurunkan berat badan secara efektif. Selain itu memiliki antioksidan sangat besar.