Sukses

10 Rempah yang Bantu Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Indonesia kaya akan rempah-rempah yang menawarkan beragam manfaat kesehatan. Selain digunakan untuk menambah aroma masakan, tak sedikit herbal yang digunakan untuk membantu menurunkan berat badan.

Penelitian juga menunjukkan, herbal dan rempah-rempah memiliki potensi untuk meningkatkan metabolisme, membuat rasa kenyang lebih lama, serta membantu menyukseskan program diet Anda.

Berikut ini, ahli gizi di Mumbai, India, Dr Shilpa Mittal memberikan daftar rempah yang mungkin bisa Anda coba di rumah demi menurunkan lemak di tubuh, seperti dikutip Times of India, Senin (28/9/2015):

1. Kayu manis

Ya, kayu manis ternyata menjadi salah satu rempah terbaik yang kerap digunakan untuk menurunkan berat badan. Khasiatnya menstabilkan tingkat gula darah, dan memperbaiki metabolisme menjadi nilai tambahnya.

2. Jahe

Jahe dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan dan mencegah penyimpanan lemak di tubuh.

1 dari 3 halaman

Kunyit

3. Kunyit

Jenis rimpang ini membantu mengurangi pembentukan jaringan lemak, sehingga menurunkan total lemak dalam tubuh dan mencegah kenaikan berat badan.

4. Acai Berry

Studi menunjukkan, Acai berry dapat menurunkan berat badan secara efektif. 

5. Ginseng

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, ginseng membantu memperbaiki metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

6. Lada hitam

Senyawa piperin pada lada hitam dapat membantu dalam meningkatkan metabolisme Anda. Lada hitam juga membantu memperbaiki sistem pencernaan dan membakar lemak lebih cepat.

2 dari 3 halaman

Minyak kelapa

7. Minyak kelapa

Pun minyak kelapa yang membantu meningkatkan metabolisme Anda.

8. Biji Adas

Benih kecil ini membantu mengatur rasa lapar Anda dan menjaga kesehatan lever.

9. Psyllium

Meski kedengaran asing, bubuk psyllium sudah banyak dijual di Indonesia. Rempah ini membuat Anda merasa kenyang dalam waktu lama dan memperlambat penyerapan karbohidrat sederhana.

10. Hibiscus (kembang sepatu)

Kandungan kromium, asam askorbat dan asam hidroksi (HCA) pada hibiscus dapat membantu menurunkan berat badan.