Sukses

Lezatnya Taoge Goreng Kuatkan Tulang

Selain nikmat, taoge goreng juga merupakan makanan dengan nilai gizi tinggi dan menyehatkan.

Liputan6.com, Jakarta Selain nikmat, taoge goreng juga merupakan makanan dengan nilai gizi tinggi dan menyehatkan. Makanan ini baik untuk mencegah hipertensi, stroke, osteoporosis, serta dianggap dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

Jalan-jalan ke Bogor belum lengkap bila kita belum menikmati taoge goreng. Makanan khas Sunda ini memang layak diberi acungan jempol, bukan saja karena kelezatannya, tetapi juga kandungan gizinya. Taoge goreng merupakan makanan tradisional yang sudah dikenal sejak puluhan tahun lalu. Walaupun dinamakan taoge goreng, taoge yang digunakan sama sekali tidak digoreng, hanya direbus.

Membuat taoge goreng cukup mudah. Bahan utama yang diperlukan tentu saja taoge atau kecambah. Taoge yang masih muda dan segar akan terasa lebih gurih dan renyah di mulut daripada taoge yang sudah tua. Taoge yang masih muda dapat dilihat dari warna putihnya yang lebih cerah.

Bahan lain yang diperlukan adalah mi hokkien atau mi telur. Di pasaran, mi hokkien dikenal sebagai mi hongkong. Bentuknya bulat dan halus, biasanya dijual dalam kondisi basah di dalam kemasan kedap udara. Mi jenis ini cocok dibuat mi goreng atau mi rebus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaya Protein dan Vitamin

Kaya Protein dan Vitamin
Selama ini orang menganggap taoge sebagai sayuran kaum miskin karena harganya yang sangat murah dan mudah didapatkan di pasar tradisional. Sejatinya taoge sangat kaya akan berbagai zat gizi. Taoge merupakan kecambah yang berasal dari biji-bijian, seperti kacang hijau, kacang kedelai, atau kacang tunggak. Taoge yang berasal dari kacang hijau memiliki ujung kepala hijau, sedangkan dari kacang kedelai memiliki ujung kepala kekuningan.

Taoge kedelai mengandung lebih banyak energi, protein, dan lemak daripada taoge kacang hijau. Dibandingkan dengan taoge kacang hijau dan kacang tunggak, taoge kacang kedelai memiliki keunggulan dalam hal energi, protein, lemak, dan vitamin A.

Ditinjau dari kandungan kalsium dan fosfor, taoge kacang tunggak lebih unggul dibanding yang lainnya. Ketiga jenis taoge tersebut merupakan sumber vitamin C yang cukup bagus, yaitu sekitar 15-20 mg per 100 gram. Taoge diperoleh setelah biji dikecambahkan selama beberapa hari. Ukurannya memang lebih kecil dibandingkan dengan sayuran lain, tetapi manfaatnya bagi kesehatan luar biasa. Sayuran taoge banyak sekali mengandung senyawa fitokimia yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Dibandingkan dengan biji kacangnya, biji taoge lebih bergizi. Kandungan proteinnya rata-rata 19 persen lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan protein dalam biji aslinya.

Hal tersebut disebabkan selama proses perkecambahan, terjadi pembentukan asam amino esensial yang merupakan penyusun protein. Selain itu, selama perkecambahan terjadi kenaikan kadar vitamin B hingga 2,5 sampai 3 kali lipat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini