Sukses

Pembalut Jadi Pelengkap Penampilan Boneka Ini

Ada banyak cara untuk mengedukasi anak mengenai kesehatan organ reproduksi. Salah satunya dengan menggunakan alat bantu seperti boneka.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara untuk mengedukasi anak mengenai kesehatan organ reproduksi. Salah satunya dengan menggunakan alat bantu seperti boneka.

Anda mungkin belum familiar dengan boneka yang satu ini: Lammily. Publik Amerika Serikat mengenalnya sebagai sosok "Barbie normal" dengan ukuran tubuh dan gaya fesyen realistis.

Jika sebelumnya Lammily mendapat perhatian publik karena penampilannya yang dianggap mewakili ukuran tubuh manusia pada umumnya, kali ini Lammily kembali muncul dengan aksesori tambahan yang juga membuat pasang mata tertuju padanya.

"Kalau boneka memegang pembalut, bagaimana mungkin (menstruasi) jadi hal yang tabu?" cetus Nickolay Lamm, desainer yang menciptakan Lammily.

"Datang bulan adalah bagian integral dari hidup perempuan, bagian sehat dari hidup. Dan seharusnya hal itu tak boleh ditutupi," lanjutnya.

Lamm bekerjasama dengan ibunya, Yelena, untuk mendesain pembalut yang melengkapi boneka Lammily. Mereka menyebutnya "Period Party". Yang unik, ukuran pembalut ini pun pas dengan boneka lain yang berukuran serupa Lammily.

Belum ada boneka yang dilengkapi dengan produk pembalut wanita. Dengan melengkapi Lammily dengan pembalut, para gadis kecil akan menyadari bahwa menstruasi adalah hal yang normal. Orangtua pun bisa menjelasnya hal ini dengan cara yang menyenangkan, tak terlalu serius atau menakutkan, jelas Lamm.

Hal ini pun disambut baik oleh ahli parenting, Dr Deborah Gilboa. Menurutnya orangtua jadi lebih mudah berbicara tentang menstruasi pada anak perempuan mereka sebelum si anak mengalaminya.

"Sungguh tragis bagai gadis-gadis yang mengalami menstruasi (pertama) sebelum ada yang memberitahu mereka. Mereka mengira ada yang salah pada diri mereka atau mereka terluka. Menurutku kita tak perlu takut pada boneka ini, juga perbincangan mengenai menstruasi. Berikan anak-anak Anda informasi yang Anda ingin mereka dapatkan," jelas Dr Gilboa, dilansir dari laman Today, Kamis (24/9/2015).

Boneka Lammily diluncurkan 2014 dan dihargai 25 dollar per buahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.