Sukses

Sayuran yang Bikin Anda Gemuk

Sayuran kaya tepung seperti kacang polong, jagung, dan kentang.

Liputan6.com, New York- Kita sering berpikir mengonsumsi sayuran tak akan bisa gemuk. Ternyata ada beberapa sayuran yang bisa menambah lingkar pinggang jika rutin mengonsumsinya yakni sayuran kaya tepung seperti kacang polong, jagung, dan kentang.

Kacang polong merupakan salah satu sumber. (Foto: insockmonkeyslippers)

Menurut peneliti dari Harvard T. H. Chan School of Public Health di Boston, Amerika Serikat, sayuran tersebut tinggi tepung dan kaya nutrisi namun meningkatkan risiko kenaikan gula darah dibandingkan sayuran lain. Itulah alasan sayuran tersebut bisa menaikkan berat badan.

Para peneliti dari Harvard mengungkapkan jika ingin menurunkan berat badan lebih baik memilih konsumsi beras cokelat dan roti gandum dibandingkan kentang seperti dikutip Live Science, Rabu (23/9/2015).

Sedangkan makanan yang bisa membantu membuat badan lebih langsing yaitu bluberi dan kembang kol.

Hasil tersebut didapatkan setelah melakukan penelitian terhadap 130.000 warga negara paman sam ini. Penelitian ini dilakukan selama dua dekade, setiap empat tahun para peserta dikirimakn survei untuk mengetahui makanan yang dikonsumsi setiap minggu. Juga melaporkan berat badan setiap dua tahun.

Memang, peserta yang menambahkan konsumsi buah dan sayur selama empat tahun berat badannya turun. Untuk setiap porsi tambahan buah yang dikonsumsi tiap minggu, mereka kehilangan makanan sekitar 0,2 kg. Jika menambahkan sayuran setiap minggu berat badan berkurang 0,1 kg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.