Sukses

Trik Lenyapkan Jerawat dalam Sekejap

Lakukan lima langkah berikut untuk mengatasi jerawat yang muncul tiba-tiba:

Liputan6.com, Jakarta Pernah mengalami tiba-tiba muncul jerawat besar dan memerah saat Anda bangun di pagi hari? Padahal Anda tak pernah melewatkan membersihkan wajah sebelum tidur dan selalu merawatnya dengan baik. Jerawat ini tak hanya mengganggu penampilan, melainkan juga mood Anda sepanjang hari.

"Anda harus mengerti bahwa ada keterkaitan antara makanan, pencernaan, dan kulit," ungkap Susan Blum, MD, ahli kesehatan fungsional dan pendiri Blum Center for Health, tentang penyebab munculnya jerawat secara tiba-tiba, dikutip dari laman Wellandgood, Rabu (23/9/2015).

"Sebagiannya karena inflamasi bisa berasal dari pencernaan Anda," lanjut Blum. Efeknya akan terlihat pada kondisi kulit Anda.

Sayangnya, betapa pun rajinnya Anda merawat kulit dengan rajin membersihkannya, masalah seperti jerawat tetap tak bisa dihindari jika tak menjaga asupan makanan, jelas dermatolog Howard Murad, MD.

"Mereka yang merawat kulit dengan baik tetap bisa mengalami kulit berjerawat jika sensitif terhadap asupan makanan," ungkapnya.

Lakukan lima langkah berikut untuk mengatasi jerawat yang muncul tiba-tiba: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lima langkah atasi jerawat

1. Jangan pegang

Pastinya Anda akan tergoda untuk memencet jerawat. Tahan diri Anda. "Hal itu akan mengakibatkan infeksi lanjutan hingga membuat proses penyembuhan jadi lebih lama dan meninggalkan bekas," jelas Dr Murad.

2. Obati

Aplikasikan obat antijerawat dua kali sehari. Pastikan Anda membubuhkan obat jerawat tepat pada sasaran, terutama sebelum tidur.

"Gunakan obat yang mengandung asam salisilat atau sulfur," saran Dr Murad. Kedua bahan tersebut telah terbukti secara klinis.

3. Biarkan reda

Rubin merekomendasikan untuk mengompres jerawat dengan waslap hangat dengan sedikit menekannya selama 20 hingga 30 detik. Lalu gunakan masker lempung untuk mengangkat kotoran dari wajah. Langkah ini akan meredakan jerawat yang meradang.

4. Istirahatkan tubuh

"Makanlah makanan sederhana yang terdiri dari sayuran selama satu atau dua hari. Perbanyak asupan serat seperti salad," saran Rubin.

5. Konsumsi enzim

Konsumsi nanas, pepaya, dan yoghurt. Ketiganya memiliki enzim pencernaan dan bakteri baik untuk melancarkan pencernaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini