Sukses

Langkah Efektif Kurangi Angka Bunuh Diri

Pemberian penghalang pada titik-titik lokasi yang biasa dijadikan tempat bunuh diri efektif kurangi angka kejadian ini.

Liputan6.com, New York- Estimasi angka bunuh diri di Indonesia mencapai 4,3 per 100.000 penduduk berdasarkan data WHO tahun 2012. Kasus bunuh diri pun banyak terjadi di negara-negara lain. Berbagai cara pun dilakukan untuk menekan angka bunuh diri.

Salah satunya dengan memberikan penghalang pada area-area yang sering digunakan untuk bunuh diri yakni pada jembatan, tebing, gedung-gedung tinggi, serta titik-titik lain di tempat biasa bunuh. Menurut studi yang dipublikasikan Jurnal Lancet Psychiatry hal ini mampu secara signifikan mengurangi angka kematian bunuh diri.

Profesor dari University of Melbourne, Australia, Jane Pirkis bersama rekan-rekannya melakukan analisis terhadap 18 studi intervensi bunuh diri di tempat-tempat yang biasanya digunakan bunuh diri.

Sebanyak 13 studi mengatakan cara yang digunakan adalah memasang penghalang dan pembatasan memasuki wilayah tersebut seperti dilansir laman Time, Rabu (23/9/2015).

Studi lain juga mengungkapkan ada cara lain untuk mengurangi kasus bunuh diri. Diantaranya dengan nomor telepon darurat dalam kasus bunuh diri, meletakkan kamera di sekitar area, serta melatih petugas staf untuk memahami tanda-tanda orang bunuh diri dan melakukan persuasi intervensi agar tak bunuh diri.

 

 

Baca Juga:

WHO: Bunuh Diri di Kalangan Remaja Meningkat

Kasus Bunuh Diri Paling Banyak Terjadi di Negara Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.