Sukses

Tips Mudah Mengingat Nama Orang

Agar terhindar dari lupa mengingat nama orang, tak ada salahnya Anda mencoba trik berikut

Liputan6.com, Jakarta Kita semua pasti pernah mengalami hal ini, kesulitan mengingat nama orang. Ya, pada kenyataannya kita memang lebih mudah mengingat wajah ketimbang nama seseorang. Apalagi seseorang yang baru kita kenal atau jarang kita temui.

Kondisi ini bisa sangat memalukan jika tiba-tiba terjadi pada kita di muka umum atau lingkungan kerja. Agar terhindar dari kejadian serupa ini, tak ada salahnya Anda mencoba trik berikut yang dilansir dari laman Prevention, Rabu (23/9/2015):

1. Lakukan pendekatan dengan sikap positif

Hentikan pikiran, "Saya tak pandai mengingat nama, saya tak akan mengingatnya," ujar pelatih ingatan Jon Keith. Stres memengaruhi ingatan, jadi Anda tentunya akan mengalami kesulitan mengingat jika berada dalam kondisi tertekan.

2. Perhatikan sekeliling

Cermati keadaan sekeliling Anda, mulai dari warna dinding hingga pemandangan di luar ruangan. Mengapa hal ini penting? Semakin banyak petunjuk visual akan semakin membantu Anda lebih mudah mengingat orang yang Anda temui saat itu, ujar Keith.

3. Pastikan Anda mendengar namanya

"Mungkin terdengar sepele, tapi saya tak bisa jamin ada berapa orang yang mendengar nama orang lain secara akurat," ucap Keith.

Seringkali kita bertemu orang baru di tempat yang bising, seperti pesta koktail atau restoran ramai. Penting untuk mendengar nama orang yang baru kita kenal dengan jelas.

Anda bisa menggunakan strategi mengatakan ulang nama orang tersebut setelah dia menyebutkannya. Dengan begitu dia bisa memperbaiki tanpa rasa kesal jika Anda keliru sebut.

4. Gunakan scan Z

Keith merekomendasikan untuk membayangkan huruf "Z" saat menatap wajah orang baru di hadapan Anda. Ini akan membantu Anda menghafal bagian penting wajahnya, semisal warna mata atau senyumnya yang memudahkan Anda mengaitkannya dengan nama orang tersebut.

5. Hapalkan di dalam kepala

Tak perlu khawatir tentang bagaimana ejaan nama yang benar dari orang tersebut. Ini hanyalah salah satu cara untuk mudah mengingat nama teman baru Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini