Sukses

5 Manfaat Mandi Air Hangat di Malam Hari

Seberapa lelah pun Anda pulang dari bekerja, usahakan untuk tidak mengabaikan mandi sebelum beristirahat malam.

Liputan6.com, Jakarta Seberapa lelah pun Anda pulang dari bekerja, usahakan untuk tidak mengabaikan mandi sebelum beristirahat malam. Selain untuk menjaga kebersihan, mandi di malam hari juga ampuh membuat tubuh lebih rileks.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Complementary Therapies in Medicine menemukan, berendam di air hangat setiap hari selama 8 minggu lebih efektif meredakan kecemasan dibandingkan resep obat lainnya.

Berikut 5 manfaat mandi di malam hari, dilansir dari laman Prevention, Selasa (22/9/2015).

1. Menghilangkan gatal akibat psoriasis

Mandi air hangat yang dicampur beberapa sendok minyak zaitun atau minyak kelapa bisa meredakan gatal dan kulit kering akibat psoriasis.

"Minyak bertindak sebagai pelembap, membantu menghilangkan sisik di kulit dan mencegahnya terkena infeksi," jelas Abby Jacobson, anggota emeritus National Psoriasis Foundation.

Namun, sebaiknya jangan berendam lebih dari 10 menit agar kulit tak menjadi kering. Gunakan waslap untuk membasuh kulit. Aplikasikan pelembap yang disarankan oleh dokter Anda setelah berendam.

2. Mengatasi kulit kering

Para peneliti baru menemukan kandungan avenanthramides dalam gandum yang berkhasiat mengatasi inflamasi dan gatal di kulit. Letakkan gandum murni dalam kaos kaki bersih dan kering. Ikat bagian ujungnya dengan karet, masukkan kaos kaki dalam air hangat. Berendamlah dalam air tersebut selama 15 hingga 20 menit.

3. Tidur lebih nyenyak

Merasakan nyamannya kasur dan lembutnya sprei adalah kenikmatan tiada tara yang bisa Anda dapatkan saat beristirahat malam. Saat merebahkan diri di kasur, suhu tubuh Anda akan turun untuk memproduksi melatonin yang membuat tidur lebih nyenyak. Oleh karenanya mandi air hangat sebelum tidur adalah ide yang baik. Mandi air hangat akan meningkatkan sementara suhu tubuh untuk kemudian perlahan turun saat beradaptasi dengan hawa dingin.

4. Meningkatkan kinerja otak

Menurut Jurnal Alternative and Complementary Therapies, menambahkan minyak esensial tertentu ke dalam air mandi di antaranya bermanfaat mempertajam ingatan dan meredakan stres.

5. Menghalau flu

Mandi air hangat bisa melagakan hidung yang tersumbat dan meradakan nyeri tubuh. Selain itu sensasi rileks yang ditimbulkan setelah mandi air hangat memicu pembentukan endorfin di otak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini