Sukses

Coba Rasakan 10 Manfaat Mandi Sauna

Ingin berkeringat tanpa melakukan banyak gerak? Anda bisa mencoba mandi sauna.

Liputan6.com, Jakarta Ingin berkeringat tanpa melakukan banyak gerak? Anda bisa mencoba mandi sauna.

Seperti dikutip dari majalah Self, ahli faal Tom Holland mengatakan baik sauna maupun kamar uap (steam room) bisa mengeliminasi toksin melalui keringat, meredakan nyeri sendi, meningkatkan sirkulasi dan memperkuat sistem imun. Lantas apa yang membedakan antara sauna dan kamar uap?

"Sauna adalah panas yang kering sementara kamar uap memberi panas yang basah dan lembap," jelasnya.

Pada dasarnya Anda memmbuat tubuh berkeringat menggunakan temperatur ekstrem. Berikut 10 manfaat sauna dan kamar uap, dilansir dari laman Mamiverse, Senin (21/9/2015):

1. Membuat rileks

Usai bekerja atau berolahraga keras yang Anda perlukan adalah bersantai. Kombinasi panas dan kondisi jauh dari hiruk-pikuk dunia di dalam ruang sauna atau kamar uap meski hanya beberapa menit bisa membuat Anda rileks.

2. Membantu membersihkan pori-pori

Sauna maupun kamar uap membuat pori-pori kulit terbuka sehingga Anda bisa berkeringat. Pada saat yang sama kulit mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Semua kotoran dan kuman dari lingkungan tempat tinggal atau make-up Anda akan dikeluarkan melalui keringat. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengurangi tekanan setelah berolahraga berat

3. Mengurangi tekanan setelah berolahraga berat

Sesi latihan yang intens bisa membuat otot lelah, pegal, dan kaku. Hawa panas dari sauna atau kamar uap bisa mengendurkan otot dan membantu serat otot pulih lebih cepat.

4. Meredakan nyeri sendi

Salah satu manfaat sauna adalah membantu mengatasi sakit pada penderita arthritis atau nyeri sendi karena terapi panas bisa meredakan nyeri secara sementara.

Sebuah studi yang dilakukan di Belanda pada 2009 menunjukkan, para partisipan menjadi berkurang rasa sakit, kekakuan otot, dan kelelahannya setelah sesi sauna.

3 dari 5 halaman

Melepaskan racun

5. Mendetoks tubuh dan melepaskan racun

Seberapa sehat pola hidup yang Anda jalankan, tubuh tetap menyimpan racun. Racun tersebut bisa berasal dari zat kimia di sekitar Anda atau dari asupan makanan. Cara terbaik untuk membuangnya adalah melalui berkeringat di kamar uap.

6. Baik untuk kesehatan jantung

Baik sauna maupun steam room berfungsi menstimulasi jantung untuk memompa lebih cepat, mengalirkan darak ke seluruh tubuh. Ini sama seperti latihan sedang untuk jantung. Meluangkan waktu di sauna juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. 

 

4 dari 5 halaman

Meningkatkan sirkulasi

7. Meningkatkan sirkulasi

Paparan panas yang aman dari sauna dan kamar uap memompa jantung dan menyebabkan meningkatnya aliran darah ke seluruh tubuh.

Sebuah artikel yang diterbitkan oleh Harvard Medical School menjelaskan, sauna membuat detak jantung meningkat 30 persen atau lebih, menyebabkan jantung memompa darah hampir dua kali lipat setiap menit.

8. Kulit tampak lebih cerah

Terapi panas dari kamar uap (steam room) bisa memperbaiki jaringan kulit dengan cara menstimulasi aliran darah dan melepaskan sel-sel kulit mati. Hasilnya, kulit akan terasa bersih, lembut, dan segar.

5 dari 5 halaman

Meningkatkan kelenturan

9. Meningkatkan kelenturan

Studi terbaru menunjukkan, melakukan peregangan (stretching) di dalam sauna meningkatkan kelenturan tubuh hingga 205 persen.

10. Meredakan mabuk

Memang tak ada obat untuk menyembuhkan efek mabuk minuman beralkohol. Tapi gejala mabuk tersebut bisa diredakan dengan sesi sauna. Selama paparan panas yang diterima tubuh dalam tahap aman dan tubuh tetap terhidrasi, Anda akan bisa menghilangkan sisa-sisa mabuk semalam. Namun, Anda harus berhati-hati agar panas sauna tak membuat dehidrasi. Gejala mabuk akan terasa lebih parah jika Anda dehidrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini