Sukses

Benarkah Buang Air Besar Bisa Turunkan Berat Badan?

Usai buang air besar rasanya tubuh terasa lebih ringan, apa ini tanda berat badan turun?

Liputan6.com, New York- Perasaan perut lebih kecil usai buang air besar (BAB) sering dirasakan banyak orang. Sehingga terkadang membuat kita berpikir usai buang air besar berat badan langsung berkurang. Tapi benarkah itu?

Menurut ahli nutrisi Mitzi Dulan, hal itu bisa saja terjadi tapi hanya sedikit. Hal tersebut tergantung pada ukuran dan banyaknya feses yang dikeluarkan. Jika Anda belum buang air besar beberapa hari bisa saja beratnya mencapai beberapa gram. Tapi hal tersebut tidak terlalu berdampak pada penurunan berat badan.

Tapi memang tak dipungkiri, usai tak buang air besar beberapa hari alias sembelit kemudian berhasil mengeluarkannya serasa banyak sekali yang dibuang dan merasa berat badan menurun.

"Buang air besar dapat mengurangi kembung dan membantu Anda merasa lebih nyaman dengan celana jeans dan merasa tubuh lebih kecil," terang Dulan seperti dikutip Women's Health, Senin (221/9/2015).

Di sisi lain tetap ada lho ada hubungan antara buang air besar dengan penurunan berat badan yakni konsumsi makanan tinggi serat. Jika Anda rutin mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah dan sayur hal ini mampu membuat buang air besar lebih teratur di sisi lain konsumsi makanan seperti ini mampu membantu Anda menurunkan berat badan seperti diungkapkan ahli gizi Brgitte Zeitlin.

Makanan tinggi serat akan mendorong sisa makanan keluar. "Serat merangsang saluran pencernaan untuk bergerak mengeluarkan sisa makanan," terang Zeitlin.

Selain itu, konsumsi makanan tinggi serat mengurangi risiko terkena kanker usus besar serta membantu mengatur gula darah dan kolesterol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini