Sukses

Usia Berapa Baiknya Anak Bisa Ditinggal Sendiri di Rumah?

Ini adalah pertanyaan dari semua orangtua di seluruh dunia: Berapa usia yang tepat untuk anak dapat ditinggal sendiri di rumah?

Liputan6.com, Jakarta Ini adalah pertanyaan dari semua orangtua di seluruh dunia: Berapa usia yang tepat untuk anak dapat ditinggal sendiri di rumah?

Jawabannya bisa jadi berbeda-beda dari setiap orangtua. Contohnya, seorang ibu di Kanada menganggap usia 8 tahun merupakan usia yang tepat untuk meninggalkan anak selama 2 jam setiap siang hari. Namun, ibu ini lantas belajar bahwa pengadilan tak berpendapat yang sama dengannya.

Menurut CBC News, ayah bocah tersebut (yang telah berpisah dari sang istri) dan seorang pekerja sosial berkeberatan dengan hal tersebut. Pekerja sosial berpendapat bahwa anak-anak di bawah usia 10 belum mampu menjaga diri sendiri atau pun menghindari risiko. Hal tersebut disetujui oleh Pengadilan Tinggi British Columbia.

Direktur Canadian Research Institute yang menangani Hukum dan Keluarga mengatakan pada CBC News, tak ada ukuran usia yang tepat untuk hal itu.

"Ada anak usia 7 tahun yang bisa saya percaya untuk ditinggali kunci rumah saya, dan remaja 17 tahun yang tak akan pernah saya percayai kunci rumah saya," ucap John-Paul Boyd.

"Itu adalah hak orangtua untuk memutuskan apakah anaknya cukup dewasa untuk mengambil keputusannya sendiri," lanjutnya.

Sementara di Amerika Serikat, beberapa negara bagian memiliki aturan usia tertentu mengenai hal ini yang tercantum dalam buku panduan orangtua. Misalnya negara bagian Maryland (8 tahun) dan Illinois (14 tahun), dilansir dari laman Today, Senin (21/9/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini