Sukses

Latihan Tai Chi Bisa Kurangi Risiko Penyakit di Usia Tua

Seni bela diri dari Tiongkok, Tai Chi ternyata dapat mencegah risiko berbagai macam penyakit bagi dewasa dan lanjut usia.

Liputan6.com, Jakarta Seni bela diri dari Tiongkok, Tai Chi ternyata dapat mencegah risiko berbagai macam penyakit bagi dewasa dan lanjut usia.

Penelitian yang dilakukan University of Toronto dan Universitas British Columbia di Kanada ini menemukan, latihan ini dapat meningkatkan kemampuan fisik dan mencegah penyakit seperti kanker payudara, gagal jantung, osteoarthritis dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

"Tai Chi memiliki gerakan yang lembut yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, dan menjaga postur tubuh. Latihan ini juga dapat menambah fokus, relaksasi dan mengontrol napas," tulis peneliti.

Seperti diberitakan Times of India, Senin (21/9/2015), ilmuwan mempelajari studi yang diterbitkan hingga 2014 dan melibatkan 1.500 orang yang di antaranya memiliki kanker, osteoarthritis, gagal jantung, dan penderita penyakit paru kronik.

Rata-rata usia peserta berkisar dari 50 hingga 70-an, sedangkan rata-rata lama program pelatihan Tai Chi adalah 12 minggu, dengan masing-masing sesi berlangsung satu jam. Mereka berlatih selama dua sampai tiga kali seminggu.

Hasil penelitian yang dipublikasikan secara online di British Journal of Sports Medicine menunjukkan, Tai Chi dapat meningkatkan kualitas hidup lansia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini