Sukses

Gerak Badan Ini Bikin Anda Awet Sehat di Usia Senja

Latihan paduan gerakan lambat dan pernapasan dalam ini mampu memperbaiki fungsi fisik dan kekuatan otot pada orang berusia 50 - 70 tahun.

Liputan6.com, London - Olahraga warisan China Kuno, Thai Ci secara rutin dapat meringankan keluhan penyakit yang biasa terjadi pada orang lanjut usia seperti radang sendi, penyakit jantung, dan masalah pernapasan kronis.

Latihan yang menggabungkan gerakan lambat dan pernapasan dalam ini mampu memperbaiki fungsi fisik dan kekuatan otot pada orang berusia 50 - 70 tahun. Serta mampu meringankan rasa nyeri pada orang dengan radang sendi.

Kesimpulan ini didapatkan setelah ilmuwan asal Kanada melakukan analisis terhadap 33 studi terkait efektivitas Tai Chi pada 1.584 orang seperti dikutip The Guardian, Minggu (20/9/2015).

"Hasil studi menunjukkan adanya efek menguntungkan dari Tai Chi bagi kinerja fisik. Termasuk pada orang tua dengan radang sendi, penyakit jantung, masalah pernapasan," terang peneliti dalam British Journal of Sports Medicine.

Menanggapi hasil penelitian tersebut juru bicara kesehatan masyrakat Inggris menyampaikan bahwa memang aktif fisik dalam segala usia itu penting bagi kesehatan. Olaharaga sesederhana Tai Chi mampu memberikan pengaruh positif bagi kesehatan jiwa dan raga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini