Sukses

5 Hal Pencegah Gigi Jadi Kuning

Salah satunya konsumsi makanan yang bisa jadi pemutih alami gigi.

Liputan6.com, New York- Gigi putih hingga tua merupakan idaman semua orang. Sayangnya, seiring usia bertambah permukaan enamel gigi makin tipis, dentin yang terbuka, dan lapisan gigi kurang padat mampu menyerap warna makanan sehingga membuat gigi berangsur-angsur berwarna kuning.

Konsumsi minuman berwarna seperti kopi, teh, kola, jus serta makanan berpigmen mampu membuat gigi jadi lebih berwarna.
Untuk mencegah gigi kuning datang lebih cepat, lakukan kebiasaan berikut yang mampu jaga gigi putih lebih lama seperti dilansir Prevention, Minggu (20/9/2015).

1. Gunakan sedotan
Untuk mencegah gigi jadi berwarna, gunakan sedotan saat minum kopi, soda, dan teh guna meminimalisir kontak dengan permukaan gigi. Hal ini mampu secara signifikan menjaga gigi putih lebih lama seperti diungkap dokter gigi asal California, Amerika Serikat, John C. Moon.

2. Rutin konsumsi 'makanan pemutih gigi'
Buah dan sayur seperti apel, seledri, dan wortel mampu bertindak seperti sikat gigi kala Anda mengunyahnya. Makanan tersebut membantu menggosok noda yang menempel pada gigi. Hal ini membuat gigi terus bersih. Hal ini penting sekali terutama bagi penikmat kopi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buat pemutih gigi sendiri

3. Buat pemutih gigi sendiri
Pasta yang terbuat dari campuran baking soda dan air yang kemudian digunakan untuk menggosok gigi dua kali dalam sebulan bisa membuat gigi nampak lebih putih. Baking soda punya kemampuan untuk membersihkan noda tanpa merusak lapisan gigi seperti dikatakan dokter gigi dari New York, Amerika Serikat, Jennifor Jeblow.

4. Cegah asam lambung naik
Heartburn atau rasa panas di dada seperti terbakar akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan tak hanya bisa menimbulkan rasa tak nyaman tapi juga membua gigi cepat kuning. Hal ini disebabkan kandungan asam dari saluran pencernaan bisa merusak gigi seperti yang dilakukan minuman soda.

5. Pilih warna lipstik tepat
Bagi wanita, warna lipstik mampu membuat gigi lebih putih seperti diungkapkan penata rias asal New York, Jessica Liebeskind. Caranya dengan mencoba beberapa warna sekaligus di bibir. Nanti akan terlihat warna mana yang membuat gigi lebih cerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.