Sukses

2 Tips Pilih Playgroup untuk si Kecil

Tak ada yang salah dengan pilihan orangtua memasukan si Kecil ke playgroup di usia batita

Liputan6.com, Jakarta Tak ada yang salah dengan pilihan orangtua memasukan si Kecil ke playgroup di usia batita (bawah lima tahun). Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan orangtua sebelum memasukan anak ke playgroup atau kelompok bermain, seperti disampaikan psikolog anak Roslina Verauli dalam diskusi Tumbuh dan Menjelajah Lebih di BebeExplora di Gandari City, Sabtu (19/9/2015)

1. Kurikulum Orangtua jangan begitu saja memasukan anak ke playgroup. Lihat terlebih dahulu kurikulum yang diterapkan. Sesuai atau tidak dengan kebutuhan si anak agar dia berkembang dengan baik. Menurut Vera, tak sedikit playgroup yang `nakal`, di mana mengajarkan baca menulis berhitung (calistung) kemampuan yang bersifat operasional. Padahal si anak belum mencapai usia 6 tahun.

2. Bolehlah bila orangtua yang benar-benar tidak mampu mau memasukan anak ke playgroup. "Dengan catatan si orangtua memang tidak mampu menyediakan waktu untuk bermain bersama anak," kata Vera. Orangtua harus tahu, eksplorasi bersama anak dapat membantu perkembangan kognitif dan bahasa mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.