Sukses

Sampai Usia Berapa Seorang Anak Boleh Mandi Bareng Ortu?

Sebenarnya, sampai usia anak berapa seorang ayah boleh memandikan anak perempuannya, dan ibu memandikan anak laki-lakinya.

Liputan6.com, Jakarta Mandi bareng anak merupakan aktivitas yang menyenangkan. Namun muncul ketakutan ketika si anak mulai beranjak besar. Sebenarnya, sampai usia anak berapa seorang ayah boleh memandikan anak perempuannya, dan ibu memandikan anak laki-lakinya.

"Beda keluarga beda valuenya. Kebetulan kalau di keluarga saya, valuenya boleh mandi sama orangtua sampai batas usia tertentu. Batas usia tertentunya kapan, itu kembali lagi ke masing-masing orangtua. Ini menurut saya, lho," kata psikolog anak Roslina Verauli di Gandaria City, Jakarta Selatan, Sabtu (19/9/2015).

Menurut Vera, ada orangtua yang memang tidak memperbolehkan si anak mandi sama orangtuanya dari kecil, khawatir si anak mengetahui kelamin ibu bapaknya. "Padahal biarkan si anak belajar tentang berbagai hal yang dianggap pribadi. Terpenting si anak belum masuk usia pra-teenager atau usia masuk sekolah dasar (SD)," kata Vera.

Vera sendiri sewaktu kecil masih dimandiin sang papi sampai dia masuk kelas 1 SD. Sesudah itu, tidak lagi. Sedangkan sekarang, anak Vera yang telah menginjak umur 5 tahun masih mandi dengan mamanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini