Sukses

Manfaat Susu Beras Hitam untuk Halau Kanker

Beras hitam memiliki kadar nutrisi yang sama dengan beras merah namun memiliki antioksidan yang lebih tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Beras hitam memiliki kadar nutrisi yang sama dengan beras merah namun memiliki antioksidan yang lebih tinggi. Ini menjadi salah satu alasan, bahan pokok ini baik dikonsumsi untuk mencegah kanker.

Livestrong, Sabtu (19/9/2015) melaporkan, beras hitam merupakan sumber serat, mineral, termasuk besi. Satu porsi 100 gram beras hitam memiliki 8,5 gram protein, 3,5 miligram zat besi dan 4,9 gram serat.

Dibandingkan dengan beras putih, coklat atau merah, beras hitam memiliki jumlah protein dan serat yang lebih tinggi.

"Satu sendok makan beras hitam memiliki lebih banyak antioksidan daripada blueberry, dengan sedikit gula dan tingkat vitamin E dan serat yang tinggi. Selain itu, beras hitam juga memiliki anthocyanin, fitokimia yang dianggap dapat melawan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung," menurut seorang profesor di departemen ilmu makanan, Louisiana State University, Zhimin Xu.

Berikut ini ada resep susu beras hitam yang mungkin dapat Anda coba, dikutip Sabtu (19/9/2015) dari buku Berdamai dengan Kanker: Kiat Hidup Sehat Survivor Kanker oleh CISC.

Bahan

100 gram nasi dari beras hitam organik

800 cc air

100 gram gula aren

Cara membuat

Blender nasi beras hitam, gula merah dan air. Siap diminum.

Tips

Sebaiknya pilih beras hitam yang baru, yang kulit arinya belum pecah dan sebaiknya organik. Beras hitam yang baik, apabila sudah dimasak akan semakin pekat warna hitamnya dan wangi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.