Sukses

Bahaya Merokok yang Harus Diketahui Anak SD

Inilah bahaya yang harus diketahui oleh orangtua yang memiliki seorang anak duduk di bangku sekolah dasar

Liputan6.com, Jakarta Orangtua harus mulai waspada jika si Kecil mulai berani merokok. Alih-alih bereaksi keras, sebaiknya orangtua menjelaskan dengan benar apa saja bahaya dari merokok kepada si buah hati.

Katakan pada mereka jika rokok mengandung racun yang berbahaya untuk hidup kita. Satu batang rokok mengandung 4.000 bahan kimia dan 43 senyawa tersebut terbukti menyebabkan kanker. Bahan utama rokok terdiri dari Nikotin, Tar, dan karbonmonoksida (CO).

Nikotin dapat merusak jantung dan bisa menyebabkan kecanduan. Tar merupakan bahan kimia beracun yang dapat menyebabkan kanker, terutama kanker paru. Sedangkan karbonmonoksida merupakan gas beracun yang mengakibatkan otak, jantung, dan organ tubuh yang penting menjadi kekurangan oksigen.

Dikutip dari situs Departemen Kesehatan, Sabtu (19/9/2015), ada pun bahaya dari merokok adalah berisiko menderita kanker, penyakit jantung, dan pembuluh darah. Termasuk juga batuk yang menahun, kelainan pada janin, kerusakan gigi, dan kehilangan pendengara.

Selain itu juga dapat memberikan pengaruh pada pikiran, perasaan, dan tingkah laku perokok seperti ketagihan yang kemudian menjadi ketergantungan. Ingat, merokok itu tidak membuat kami jadi terlihat gaga, macho, dan trendi.

Tak hanya perokok aktif, perokok pasif juga dapat menderita penyakit yang sama seperti perokok aktif bahkan lebih berbahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.