Sukses

10 Tahun Lagi, Cermin di Rumah Anda Bisa Deteksi Penyakit

Dalam waktu kurang dari 10 tahun akan ada cermin cerdas yang bisa melakukan pemeriksaan kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Bila Anda menyukai film anak, `Putri Salju` atau `Snow White` mungkin tahu betul bagaimana sebuah cermin dapat memberitahu siapa yang paling cantik di dunia. Konsep serupa ini ternyata dikembangkan para ahli kesehatan untuk menciptakan cermin yang dapat mendiagnosa penyakit.

Seorang futurolog, Dr Ian Pearson mengatakan, dalam waktu kurang dari 10 tahun akan ada cermin cerdas yang bisa melakukan pemeriksaan kesehatan, sedangkan robot dapat membantu merias wajah dan menggunakan kuteks. Semua teknologi ini akan terhubung ke internet.

"Dalam waktu 10 tahun, sebuah cermin pintar akan mampu melakukan pemeriksaan kesehatan serta memberikan saran pada semua orang mengenai gaya rambut dan make-upnya," kata Ian, seperti ditulis Dailymail, Jumat (18/9/2015).

Tak hanya itu, cermin ini juga bisa digunakan untuk video check-up dengan dokter dan bahkan melakukan scan retina yang bisa menunjukkan tanda penyakit tertentu. Beberapa cermin juga mungkin memiliki sensor kimia yang akan menganalisis napas untuk indikator kesehatan.

Untuk melengkapi pemeriksaan kesehatan sehari-hari, ubin lantai akan didesain khusus bisa menggantikan timbangan berat badan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.