Sukses

Jenis Yoga Ini Pas untuk Penderita Radang Sendi

Yoga yang lembut berperan positif bagi kesehatan fisik dan mental orang dengan radang sendi.

Liputan6.com, New York- Kita semua tahu bahwa olahraga rutin baik bagi kesehatan. Namun, mereka yang memiliki radang sendi atau artritis sekitar 44 persen cenderung menghindari olahraga dan 80 persen tidak cukup aktif fisik.

Tapi bagi Anda yang memiliki radang sendi, coba lakukan yoga karena mampu memberi manfaat fisik dan mental seperti diungkapkan dalam Journal of Rheumatology. Dengan berlatih yoga tiga kali seminggu mampu menurunkan level nyeri, lebih berenergi, suasana hati lebih menyenangkan dan kesehatan fisik meningkat dibandingkan grup yang tidak melakukan yoga.

"Ada beberapa mitos yang mengatakan jika memiliki artritis ada baiknya tidak banyak bergerak untuk mengistirahatkan sendi. Namun bukti dari studi ini berkata lain, ada banyak manfaat yang bisa diraih dengan berolahraga," terang salah satu penulis studi yang juga profesor kedokteran di Johns Hopkins University School of Medicine, Amerika Serikat, Clifton Bingham III.

Dalam studi kecil ini, peneliti merekrut 75 orang dewasa yang tidak berolahraga dan memiliki rheumatoid arthrititis. Mereka dibagi dalam dua kelompok. Satu kelompok berlatih yoga khusus untuk orang arthritis selama delapan minggu seperti dikutip laman Time, Jumat (18/9/2015).

Setelah delapan minggu, mereka yang berlatih yoga memperlihatkan banyak peningkatan. Mulai dari langkah yang lebih terkontrol, kesehatan fisik, tubuh lebih fleksibel, rasa sakit yang lebih sedikit, serta skor depresi menurun. Bahkan setelah sembilan bulan kemudian dilakukan pemeriksaan, manfaat tersebut masih mereka rasakan.

Namun, Bingham menjelaskan tidak semua kelas yoga aman bagi penderita arthritis. Ia menyarankan agar konsultasi terlebih dahulu dengan spesialis artritis sebelum memulai berlatih yoga. Sangat penting juga untuk meminta guru yoga yang berpengalaman di bidang artritis.

Menurut Bingham, gerakan yoga yang lembut pas bagi orang dengan artritis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Radang sendi atau artritis, merupakan nyeri di daerah persedian akibat peradangan yang terjadi di celah sendi atau jaringan sekeliling sendi

    radang sendi

  • Yoga

Video Terkini