Sukses

10 Lokasi Paling Berhantu di Inggris

Kali ini kita akan menjelajah tempat-tempat yang kabarnya paling menyeramkan di Britania Raya.

Liputan6.com, Jakarta Meski menyeramkan dan membuat merinding, cerita tentang hantu cukup menarik untuk disimak bukan? Kali ini kita akan menjelajah tempat-tempat yang kabarnya paling menyeramkan di Britania Raya.

Berikut 10 tempat paling berhantu di Inggris, dilansir dari laman Theguardian, Jumat (18/9/2015):

1. Highgate Cemetery, London

Pemakaman berarsitektur gothic peninggalan zaman Victoria ini cukup membuat bulu kuduk meremang. Di akhir tahun 60-an beredar rumor tentang sosok tinggi, gelap, dengan sepasang mata merah menghipnosis menghantui pemakaman ini. Konon sosok tersebut adalah vampir.

Pemburu hantu Sean Manchester dan okultis David Farrant pernah bersumpah untuk memburu makhluk tersebut.

Tur berkeliling pemakaman ini dikelola oleh Friends of Highgate Cemetary. Sisi timur pemakaman bisa dijelajahi sendiri oleh pengunjung. Tapi jika Anda ingin melihat sisi barat, Anda harus bersedia ditemani pemandu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Borley Rectory

2. Borley Rectory, Essex

Meski telah dihancurkan pada 1944, status berhantu rumah ini tetap populer di kalangan pecinta hal supranatural. Kisahnya melegenda lantaran kegiatan supranatural yang dilakukan pemburu hantu Harry Price. Price melakukan serangkaian investifigasi pada rumah tersebut.

Kisah perburuan hantu yang dilakukan Price yang paling terkenal yaitu hantu biarawati yang meninggal karena dibunuh. Rumah ini pernah hancur karena terbakar pada 1939. Meski begitu masih banyak orang yang berkunjung ke reruntuhannya.

Desa Borley terletak di tepi Sungai Stour, dua mil barat daya Sudbury di Suffolk dan 24 mil timur laut Chelmsford di Essex.

3. Pendle Hill, Lancashire

Sepuluh dari warganya dituduh sebagai Penyihir Pendle (Pendle Witches) dihukum gantung di Kastil Lancaster tahun 1612. Konon arwah mereka menghantui desa Newchurch yang terletak di area yang bernuansa kelam di Pendle Hill. Kabarnya salah satu penyihir dikubur di lokasi tersebut.

Bukit di sekitar lokasi ini pun sering masuk dalam acara tv sebagai salah satu objek tempat paling berhantu di Inggris.

Pendle Hill terletak di Lanchashire, dekat Burnley, Colne, Nelson dan Clitheroe. Sementara desa Newchurch terletak satu mil dari Rawtenstall dan ditandai dengan sebuah toko suvenir Witches Galore. 

 

3 dari 5 halaman

The Red Lion

4. The Red Lion, Avebury, Wiltshire

Ingin melihat penampakan tak lazim sambil menikmati segelas bir? Kedai minum (pub) The Red Lion tempatnya. Pub yang terletak di area misterius stone circle Avebury ini sudah lama dikaitkan dengan budaya paganisme, sihir, dan tahayul.

Penampakan yang konon sering muncul di Red Lion adalah hantu wanita bernama Florrie yang `senang` dengan pengunjung berjenggot, hantu anak-anak, cahaya atau bayangan aneh. Nyaris tak seorang pun pengunjung yang berani menginap di sini.

5. Ram Inn, Wotten-under-Edge, Gloucestershire

Pembunuhan, satanisme, dan ritual pengorbanan anak hanyalah beberapa kegiatan yang konon pernah dilakukan di tempat ini sejak abad 12. Bahkan kabarnya bangunan ini dibangun di atas tanah pemakaman kaum pagan.

Hawa sangat dingin yang melingkupi tempat ini serta aura menyeramkan membuat para pemburu hantu yang datang gemetar. Tak mengherankan karena penginapan ini konon berisi hantu-hantu menyeramkan, termasuk seekor hantu kucing. Agar jumlah hantu yang menghuni penginapan ini tak bertambah banyak, sebuah pesan sopan di situs Ram Inn meminta agar para pengunjung tidak memanggil hantu-hantu lainnya ke sana. 

 

4 dari 5 halaman

Glamis Castle

6. Glamis Castle, Angus, Scotland

Kastil yang dianggap sebagai kediaman Earl dan Countess of Strathmore ini juga diduga memiliki ruang-ruang rahasia. Penghuninya terdiri dari Monster Kastil Glamis (olok-olok tak menyenangkan bagi seorang bocah cacat yang pernah dikurung di salah satu ruangannya pada abad 19), seorang wanita bisu yang mondar-mandir di taman, dan bangsawan kejam yang selalu meratap keras karena kalah dalam permainan kartu. Juga tak ketinggalan Grey Lady yang misterius.

Grey Lady yang dimaksud bukanlah Ibu Suri yang lahir di Glamis pada 1900, melainkan Janet Douglas yang dieksekusi karena tuduhan praktik sihir pada 1537. Kastil Glamis dibuka bagi pengunjung hampir di sepanjang tahun.

7. Tower of London

Bangunan ini tak hanya dikenal sebagai salah satu menara yang terdaftar sebagai situs bersejarah dunia, melainkan juga dikenal sebagai salah satu lokasi paling berhantu di Inggris.

Kisah yang paling terkenal dari Tower of London adalah cerita tentang para pangeran dalam menara yang dibunuh oleh paman mereka sendiri, Richard III. Selain itu juga ada hantu Lady Jane Grey, Anne Boleyn, dan White Lady kemunculannya selalu ditandai dengan aroma parfum murah.

8. Culloden Moor, dekat Inverness

Pertempuran terakhir di daratan Inggris berlokasi di tegalan tandus Culloden Moor pada 1746. Pertempuran berdarah ini korbannya adalah para tahanan yang terdiri dari kaum Jacobite yang terluka yang dibantai dengan sadis oleh Duke Cumberland.

Arwah mereka tak beristirahat dengan tenang. Konon, setiap tanggal 16 April, peringatan pertempuran tersebut, lokasi tersebut akan tampak `hidup` lagi dengan jeritan misterius para tahanan yang dibantai. 

 

5 dari 5 halaman

Llancaiach Fawr Manor

9. Llancaiach Fawr Manor, dekat Caerphilly

Penampakan hantu umumnya tak terlalu jelas wujudnya. Namun di tempat ini hantu tampak begitu nyata, mereka menampakkan diri pada para pengunjung dan bertingkah seolah-olah perang saudara Inggris masih berlangsung.

Sebetulnya tempat ini adalah sebuah museum hidup, waktu seolah berhenti di tahun 1645 dan orang-orang yang mengenakan kostum bergaya tahun tersebut sebetulnya adalah para aktor. Tapi banyak rumor yang mengatakan para ak ..

10.Berry Pomeroy Castle, dekat Toness, Devon

Kastil yang dibangun pada abad 12 ini dihuni oleh dua hantu wanita, White Lady dan Blue Lady.

Konon, White Lady adalah Margaret Pomeroy, yang terkenal karena mencintai pria yang sama dengan Lady Eleanor, adiknya yang tak secantik dia namun lebih pencemburu.

Eleanor memenjarakan Margaret di ruang bawah tanah kastil. Arwahnya lantas menyelusup ke kastil dari ruang bawah tanah.

Sementara Blue Lady, yang juga sering terlihat oleh pengunjung, tak jelas asal-usulnya. Namun sebaiknya jangan pernah mengikuti Blue Lady karena dia senang menyesatkan para pengunjung kastil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.