Sukses

Kondom Pertama Dibuat dari Usus Domba, seperti Apa Wujudnya?

Kondom pertama kali diciptakan pada tahun 1844 dan bahannya bukan lateks. Melainkan usus domba.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda bertanya-tanya seperti apa kondom yang pertama kali dipakai manusia dibuat? Kini, kondom yang jual di pasaran terbuat dari bahan lateks. Tapi, kondom berbahan lateks baru ada mulai tahun 1920.

Kondom pertama kali diciptakan pada tahun 1844 dan bahannya bukan lateks. Melainkan usus domba.

Itulah yang dituliskan dalam buku berjudul The United States Practical Receipt Book yang dikutip dari situs Firsttoknow. Seperti apa pembuatan kondom cetakan pertama?

"Ambil usus domba, rendam dulu dalam air, bersihkan kedua sisi, kemudian ulangi dengan menggunakan soda, harus diganti setiap empat atau lima jam selama lima atau enam kali proses berturut-turut; kemudian bersihkan selaput lendir dengan kuku; sulfur, cuci dengan air bersih, dan kemudian sabunkan dan (beri) air; bilas, isi dengan udara, dan keringkan.

Usus yang sudah diproses tersebut kemudian dipotong dengan panjang yang diinginkan dan memasangkan sepotong pita di ujung yang terbuka. Kondom tersebut digunakan untuk mencegah infeksi atau kehamilan.

Untuk kondom yang kualitasnya berbeda menggunakan proses tambahan dengan memoles dan memberi pengharum.

"Dalam istilah sederhana, Anda pada dasarnya hanya mencuci bagian dalam usus domba, memotong dengan panjang yang diinginkan dan kemudian mengikat ujungnya dengan pita." (Melly F)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini