Sukses

4 Manfaat Jalan Kaki

Sejak lama aktivitas jalan kaki dipercaya mampu mengurangi risiko obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Liputan6.com, Jakarta Jalan kaki dengan intensitas yang cepat merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan bagi siapa saja yang malas olahraga tapi ingin berat badan ideal juga sehat. Sejak lama aktivitas jalan kaki dipercaya mampu mengurangi risiko obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Orang dewasa dianjurkan berjalan kaki selama 150 menit dalam seminggu. Sebuah studi menemukan kecil kemungkinan manfaat itu didapat jika jalan kaki yang dilakukan tidak memenuhi waktu yang dianjurkan itu.

Jika masih malas juga untuk jalan kaki, berikut manfaat yang akan didapat jika rutin jalan kaki seperti dikutip dari situs Times of India, Kamis (17/9/2015)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cegah kematian dini

1. Cegah kematian dini akibat obesitas

Sebuah penelitian mengungkapkan jalan kaki selama 20 menit sehari dapat mengurangi risiko kematian dini sebesar 30 persen. Menggunakan waktu selama 30 menit untuk jalan kaki dengan intensitas cepat membakar 150 kali yang tentu dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

2. Baik bagi ibu hamil

Jalan kaki dengan intensitas sedang cenderung lambat masih mendatangkan manfaat bagi tubuh. Terutama bagi ibu hamil dan orang dengan rematik. Aktivitas ini meringankan rasa sakit dan terhindar dari penyakit kronis yang kerap menimpa mereka.

3 dari 3 halaman

Hilangkan stres

3. Hilangkan stres

Menggerakan anggota tubuh adalah cara yang paling baik untuk melepaskan endorfin. Dengan begitu jalan kaki bermanfaat memberi perasaan bahagia. Bagi Anda yang mungkin sedang stres dan cemas, coba lupakan sejenak pikiran itu dengan jalan kaki.

4. Tidur lebih nyenyak di malam hari

Jalan kaki di pagi hari, sekitar pukul 06:00 hingga 09:00 membantu mengkalibrasi ulang hormon melatonin dengan lingkungan baru. Nantinya ini akan bermanfaat bagi kita untuk mendapat tidur yang nyenyak di malam hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini