Sukses

Cara Gampang Bebas Alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang menyerang otak yang berfungsi kognitif

Liputan6.com, Jakarta Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang menyerang otak yang berfungsi kognitif (memori, perhatian, bahasa, kemampuan visual-spasial, dan fungsi eksekutif). Akibatnya si penderita pada awalnya sulit konsentrasi hingga keadaan ini makin memburuk. Kabar baiknya, dengan menjaga otak tetap sehat sejak dini bisa mengurangi risiko terkena penyakit yang belum ada obatnya ini.

Untuk bisa mencapai keinginan tersebut, bukan pada saat tua kita mesti menjaga kesehatan otak, melainkan dari sekarang. Menurut dokter spesialis saraf dari Departemen Neurology Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, Yuda Turana cita-cita untuk memiliki otak sehat tidak mahal.

"Punya waktu untuk lakukan aktivitas fisik secara rutin. Misalnya sekitar 30-45 menit sehari berolahraga. Lalu, milikilah aktivitas sosial, silahkan aktif di gereja atau di masjid maupun hal lainnya," terang dokter Yuda dalam peluncuran buku 'Still Alice' di Jakarta pada Rabu (16/9/2015).

Jangan lupa juga untuk memiliki membuat aktif mental seperti dengan bermain teka-teki silang, sudoku, kerajinan tangan, belajar bahasa. Ketiga hal tersebut merupakan hal sederhana agar otak tetap sehat hingga tua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini