Sukses

Sabun Antibakteri Tak Lebih Baik dari Sabun Biasa

Satu lagi penelitian mengungkap bagaimana sabun antibakteri secara signifikan tidak membunuh kuman.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang percaya, produk antibakteri akan memberikan perlindungan lebih terhadap kuman. Namun, satu lagi penelitian mengungkap bagaimana sabun antibakteri secara signifikan tidak membunuh kuman.

Seperti diberitakan Dailymail, Kamis (17/9/2015), ilmuwan Korea meneliti efek Triclosan, yang merupakan bahan antiseptik paling umum pada sabun. Mereka meneliti bahan aktif ini terhadap 20 strain (virus).

Triclosan diuji dan disimpan pada suhu 22 derajat celsius dan 40 derajat celsius selama 20 detik, untuk menciptakan kondisi ketika manusia mencuci tangan.

"Bahan aktif sabun antibakteri dapat membunuh bakteri secara signifikan setelah 9 jam atau lebih," ujar peneliti.

Setelah itu, mereka membandingkan kemampuan sabun antibakteri dan non-antibakteri untuk menghilangkan bakteri dari tangan manusia menggunakan 16 relawan dewasa yang sehat. Dan hasil penelitian yang diterbitkan Journal of Antimicrobial Chemotherapy ini cukup mengejutkan.

"Penggunaan sabun antibakteri dan biasa tidak berbeda. Iklan dan anggapan masyarakat mengenai efektivitas sabun antibakteri perlu diubah," kata penulis utama studi Dr Min-Suk Rhee.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini