Sukses

Biarkan Bayi Tanpa Popok Selama Beberapa Jam, Kenapa?

Kebanyakan orangtua baru saat ini menggunakan popok kain di minggu pertama kehidupan bayi mereka

Liputan6.com, Jakarta Hidup tak lagi sama setelah memiliki seorang anak. Tidur di malam hari harus terganggu karena si anak mengompol dan harus segera mengganti popoknya.

Kebanyakan orangtua baru saat ini menggunakan popok kain di minggu pertama kehidupan bayi mereka. Dan kesalahan yang paling umum ketika mengganti atau memakai popok ke anak adalah meletakkan si anak terlalu mundur dari pusat popoknya.

Berikut beberapa hal tentang popok yang harus Anda ketahui seperti dikutip dari situs Times of India, Rabu (16/9/2015).

1. Jangan taruh popok terlalu jauh. Jangan sampai si bayi menangis karena orangtua lama mencari popoknya. Letakkan popok bersama dengan bedak bayi, tisu basah, tisu kering, serbet. Dengan cara ini, Anda pun tak perlu mencari-cari lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beli popok yang tak merusak kulit

2. Beli popok yang tak merusak kulit. Bahan-bahan tertentu di popok dapat menyebabkan ruam atau membuat anak jadi tidak nyaman. Cobalah beberapa merek sebelum menetap di satu pilihan.

3. Buatlah bayi tenang saat ganti popok. Tak usah terburu-buru dan jangan pula lambat dalam menggantinya. Bayi akan berhenti menangis saat dirasa bersih dan kering.

3 dari 3 halaman

Biarkan bayi tanpa popok

4. Biarkan bayi tanpa popok selama beberapa jam. Biarkan dia berkativitas tanpa popok. Bagaimana pun kulit perlu bernapas. Jika pakai popok terus menerus menyebabkan bagian bawah selangkangan baik memerah dan terjadi ruam.

5. Jangan pakai popok terlalu ketat karena membuat bayi tidak nyaman. Dan kotoran yang keluar akan menumpuk dan mengenai pantatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini