Sukses

7 Makanan yang Bisa Bikin Anjing Sakit

Tidak semua makanan manusia baik untuk kesehatan anjing dan kucing.

Liputan6.com, New York- Terlalu akrab dengan hewan peliharaan, sampai-sampai apa yang dikonsumsi diberikan juga pada kucing atau anjing. Padahal tidak semua makanan manusia baik untuk pencernaan mereka.

Oleh karena itu, untuk mencegah masalah kesehatan pada kucing dan anjing kesayangan hindari memberikan tujuh makanan berikut kepada mereka seperti dilansir laman Huffington Post, Rabu (16/9/2015).

1. Susu
Kucing dewasa tidak memiliki cukup laktase, yakni enzim untuk memecah laktosa. Sehingga kucing tak mampu mencerna susu. Jika meminumnya akan sebabkan gangguan pencernaan dan diare.

2. Kopi dan cokelat

Meskipun mengkonsumsi kafein (kopi, teh, cokelat, soda, dll) telah menjadi kebiasaan, dengan membatasi minuman tersebut, badan anda akan terasa lebih segar dan tidak menimbulkan bau. (Istimewa)
Biji kopi dan kakao (bahan dasar cokelat) mengandung methylxanthines. Ketika dicerna oleh anjing atau kucing dapat menyebabkan muntah-muntah, diare, terengah-engah, hiperaktif, irama jantung abnormal, tremor, kejang, dan bahkan sebabkan kematian.

Lalu, cokelat hitam termasuk cokelat masak dapat menyebabkan gejala parah karena mengandung theobromine yang mampu merusak sistem saraf dan jantung anjing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tulang masak

3. Tulang masak
Tulang yang dimasak menjadi lebih rapuh sehingga kecil-kecil. Jika tertelan berpontesi timbulkan luka yang disebabkan oleh robekan, bukan bentuk yang teratur seperti sayatan (lasrasi). Lalu, air rebusan tulang mengandung lemak residu picu penyakit pada pankras.

4. Kacang macadamia
Jenis kacang ini mungkin asing, namun jika anjing mengonsumsinya bisa sebabkan peradangna. Tungkai bisa bengkak, tremor, sistem saraf melemah.

5. Anggur dan raisin
Para peneliti nyatakan kandungan mycotoxin dalam kedua buah ini sebabkan kerusakan hati dan ginjal pada anjing. Serta sebabkan lonjakan tekanan darah.

3 dari 3 halaman

Bawang putih dan daun bawang

6. Bawang putih dan daun bawang
Kedua bahan masak ini sangat berbahaya bagi kucing dapat menyebabkan anemia jika dikonsumsi berlebihan. Namun tak masalah jika dalam dosis kecil.

7. Avokad

Inilah manfaat dari buah avokat
Kandungan persin dalam avokad jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat beracun bagi anjing dan kucing. Mereka akan mengalami masalah jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.