Sukses

Penyakit Ini Kerap Serang Warga Rusunawa Bekas Kampung Pulo

Sejumlah warga Kampung Pulo yang bermigrasi ke Rusunawa Jatinegara paling banyak mengeluhkan batuk pilek.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah warga Kampung Pulo yang bermigrasi ke Rusunawa Jatinegara paling banyak mengeluhkan batuk pilek. Setidaknya ada lebih 80 persen yang datang ke Puskesmas Jatinegara mengalaminya.

"Batuk dan pilek aja paling banyak. Mereka biasanya diberi vitamin," kata petugas kesehatan, Aldira saat ditemui Liputan6.com di Rusunawa Jatinegara, Jakarta, Selasa (15/9/2015).

Perubahan cuaca, kata dokter Elsa, mungkin menjadi penyebabnya. Karena saat tubuh menyesuaikan dengan suhu tertentu, dan imunitas turun, maka virus dapat hinggap.

"Banyak Konsumsi sayur dan buah dan istirahat yang cukup. Kurangi konsumsi kopi berlebihan dan perbanyak air putih," ujar Elsa.

Sebelumnya, dokter spesialis paru dari RS persahabatan, dr Agus Dwi Susanto mengatakan untuk tidak menyepelekan flu. Meski penyakit ini dapat sembuh sendiri tanpa diobati namun bila terjadi infeksi dapat menyebabkan infeksi saluran napas atau radang paru.

"Untuk meningkatkan kekebalan tubuh kala flu adalah dengan mengonsumsi vitamin dan istirahat yang cukup," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.