Sukses

Enaknya Tinggal di Rusunawa, Ada Puskesmas 24 Jam

Rusunawa Jatinegara juga dilengkapi fasilitas kesehatan seperti puskesmas.

Liputan6.com, Jakarta Warga Kampung Pulo yang sebelumnya tinggal di bantaran sungai Ciliwung Jakarta Timur, kini sebagian besar telah pindah ke Rusunawa Jatinegara. Selain mendapatkan rumah tinggal yang layak, ternyata fasilitas kesehatan yang tersedia juga cukup baik.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (15/9/2015), puskesmas berada persis di lantai bawah. Bila Anda masuk, di sebelah kanan sudah terpampang jelas tagline CETAR (Cepat, Tanggap dan Ramah) dan Puskesmas Jatinegara Jakarta Timur.

Saat masuk, puskesmas hanya berupa satu ruangan kecil, persis bersebelahan dengan perpustakaan. Dalam ruangan tersebut ada tiga petugas kesehatan. Menurut salah satu pegawai, masyarakat yang datang umumnya adalah warga Rusunawa. Namun belum banyak di antaranya yang tahu bila puskesmas buka 24 jam.

"Di sini, kami melayani 24 jam jadi tidak perlu ke klinik lain yang jaraknya dekat dengan rumah sebelumnya," kata dokter Elsa kepada salah satu pasien.

Aldira yang menangani obat pasien mengatakan, pasien masih kurang informasi mungkin karena puskesmas baru beroperasi sebulan lalu, tak lama setelah Rusunawa mulai ditempati.

Padahal kata dia, petugas juga dapat dihubungi langsung bila salah satu warga tidak dapat ke bawah. "Kalau penyakitnya parah, kita periksa langsung, nanti keluarganya yang beritahu dia tinggal di tower mana," jelasnya.

Puskesmas ini juga memiliki satu mobil ambulans yang terparkir di depan Rusunawa. "Baru ada satu, memang kami masih kesulitan. Tapi sejauh ini rumah sakit terdekat juga membantu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.