Sukses

DKI Sediakan Pusat Layanan Kesehatan Permanen

Pelayanan kesehatan warga rumah susun (rusun) terus ditingkatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Pelayanan kesehatan warga rumah susun (rusun) terus ditingkatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Di Rusun Jatinegara Barat, telah disediakan pusat pelayanan kesehatan permanen.

"Kami berusaha mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Itu butuh perencanaan, seperti tenaga dan anggaran. Standarnya, harus ada satu dokter, satu perawat, dan satu asisten apoteker. Lebih mendekati puskesmas kelurahan, jadi warga nggak perlu ke puskesmas kelurahan karena di sana sudah terpenuhi," kata Iwan Kurniawan, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, Senin (14/9).

Dikatakan Iwan, pihaknya telah meminta UPT Rumah Susun untuk membantu memfasilitasi pelayanan kesehatan. Pasalnya, pihaknya akan menambah fasilitas kesehatan lain.

"Saya sudah minta UPT perumahan dapat fasilitas pelayanan kesehatan, karena tidak menutup kemungkinan dibuka juga layanan kesehatan lainnya seperti layanan pemeriksaan gigi," kata Iwan.

Pihaknya, tambah Iwan, yakin penambahan fasilitas kesehatan tersebut segera terealisasi. Namun, penambahan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan.

"Kemungkinan pasti jadi, tapi layanannya tergantung kebutuhan, karena tiap tempat berbeda-beda. Di rusun Jatinegara Barat banyak wanita usia subur paling yang kita bisa laksanakan penempatan bidan untuk pelayan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), KB dan fungsinya, kalau sedikit paling kita buka layanan IVA test," tandas Iwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini