Sukses

Pijat 5 Titik Ini agar Tubuh Lebih Berenergi

Penelitian membuktikan bahwa tekanan pada titik akupresur melepaskan endorfin dan menghambat transmisi sinyal sakit di saraf.

Liputan6.com, Jakarta Bila akupunktur mengandalkan tusukan jarum untuk mengatasi masalah kesehatan, akupresur hanya mengandalkan jemari untuk menekan titik tertentu di tubuh. Praktisi medis tradisional China percaya bahwa energi paling vital di tubuh (qi), mengalir pada meridian tubuh, sehingga sumbatan pada jalur tersebut bisa menyebabkan nyeri dan penyakit. Solusinya tentu dengan mengurai sumbatan dengan akupresur. 

Penelitian membuktikan bahwa tekanan pada titik akupresur melepaskan endorfin dan menghambat transmisi sinyal sakit di saraf. Studi juga menyarankan akupresur untuk mengatasi insomnia dan kelelahan.

Melansir laman Prevention, Selasa (15/9/2015), para peneliti di Universitas Michigan mengaplikasikan akupresur pada titik-titik tubuh tertentu dari 39 mahasiswa. Menekan titik-titik tersebut dipercaya bisa memberi efek stimulasi atau menenangkan.

Setelah mempelajari dasar keterjagaan 39 mahasiswa tersebut, para peneliti meminta mereka mengikuti kelas selama 3 hari. Pada saat makan siang di hari pertama, separuh dari mahasiswa menekan titik-titik akupresur untuk stimulasi. Di dua hari berikutnya mereka menekan titik-titik relaksasi.

Para mahasiswa melaporkan, mereka merasa lebih terjaga ketika menggunakan teknik stimulasi ketimbang yang bertujuan relaksasi.

Begini cara mendapat efek berenergi melalui teknik akupresur:

Tekan dengan kekuatan sedang pada 5 titik stimulasi ini dengan ibu jari atau jari telunjuk dan jari tengah. Tahan selama 3 menit, urut ke dua arah.

1. Di bagian bawah tengkuk, dengan area jangkauan seluas satu jari ke arah sisi tulang belakang.

2. Bagian di antara ibu jari dan jari telunjuk.

3. Di bagian telapak kaki, sekitar satu pertiga dari jempol kaki.

Dua titik akupresur lainnya terletak di kepala dan di bagian luar lutut, sekitar 3 inci ke bawah dari belakang lutut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini