Sukses

7 Manfaat Dahsyat Kunyit, dari Usir Jerawat Hingga Kanker

Selain membuat makanan jadi lebih sedap, kunyit punya banyak fungsi bagi kesehatan.

Liputan6.com, New York- Kunyit atau kunir merupakan salah satu rempah yang mudah ditemukan di Indonesia. Sayang sekali kita bila tidak memanfaatkan akar tanaman yang berwarna kuning ini karena berbagai studi telah menunjukkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Manfaat tersebut didapatkan dari senyawa bernama kurkumin yang memiliki sifat antiperadangan, antioksidan, antitumor, antivirus, dan antibakteri seperti yang diungkapkan dalam penelitian Journal of American College of Nutrition.

Berikut beberapa resep untuk pemulihan maupun menjaga kesehatan seperti dikutip laman Prevention, Senin (14/9/2015).

1. Jerawat
Salah satu fungsi kunyit adalah antiperadangan sehingga pas sebagai solusi jerawat. Dokter sekaligus penulis What Doctors Eat, Tasneem Bhatia merekomendasikan campuran kunyit dengan air atau yogurt untuk mengurangi bekas luka jerawat.

2. Alzheimer
Penyekit neurodegeneratif Alzheimer bisa dicegah, salah satunya dengan konsumsi kunyit. Penelitian menunjukkan kurkumin pada kuntuo mampu membersihkan plak beta-amyloid yang terkait dengan penyakit ini.

3. Arthritis
Sebuah studi dalam Inflammopharmacology menunjukkan orang yang menderita sakit lutut mendapat perbaikan dalam hal nyeri, kekakuan, dan keterbatasan fungsi setelah rutin mengonsumsi kunyit.

Bahkan, orang yang mengonsumsi kunyit terdapat perbaikan lebih besar daripada yang mengonsumsi suplemen untuk nyeri sendi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kembung

4. Kembung
Menurut pendiri Amitabha Clinic & Healing Center, Isaac Eliaz, peradangan usus bisa menyebabkan kembung. Dan kunyit berfungsi untuk mengatasi itu semua. Serta meningkatkan sirkulasi darah dan detoksifikiasi sehingga pencernaan kembali berjalan normal.

5. Kanker
Mengonsumsi ayam panggang memang lezat, namun di sisi lain sebabkan karsinogen. Namun jika menambahkan bumbu yang mengandung kunyit bisa mengurangi terkena kanker hingga 50 persen seperti yang diungkapkan Cancer Research Center of Hawaii.

6. Diabetes
Sebuah studi dari Diabetes Care mengungkapkan ketika seseorang mengonsumsi kapsul kurkumin sehari selama sembilan bulan membantu melindungi prediabetes berkembang menjadi diabetes tipe 2.

7. Nyeri
Kunyit merupakan cara alami yang aman untuk membantu mengendalikan rasa sakit seperti diungkapkan Eliaz.

 

Baca Juga:

Kunyit Cegah Terjadinya Kanker Mulut?

Yuk, Ramu Jamu Kunyit Asam Sendiri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini