Sukses

BPJS Juga Meningkatkan Pendapatan Rumah Sakit

Tak bisa dipungkiri, sejumlah rumah sakit mulai merasakan manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Liputan6.com, Banjarmasin Tak bisa dimungkiri, sejumlah rumah sakit mulai merasakan manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Begitupun di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Wakil Direktur Medik dan Keperawatan RSUD Ulin di Banjarmasin mengatakan, dari sudut pandang ekonomi, sejak adanya JKN, pendapatan rumah sakit meningkat seiring dengan banyaknya peserta BPJS Kesehatan yang berobat.

"Petugas rumah sakit jika bekerja dengan giat maka akan memeroleh jasa pelayanan dari klaim BPJS kesehatan yang saat ini sudah cukup ideal. Mereka juga harus melayani dengan ramah dan niat tulus karena keberadaan peserta BPJS Kesehatan bukan beban bagi rumah sakit tapi memberikan manfaat bagi manajemen," katanya, melalui keterangan pers yang diterima Liputan6.com, Senin (14/9/2015).

Menurut Isa, dengan rasio jumlah pasien BPJS yang tinggi atau sekitar 80 persen harus didukung dengan keterbukaaan atau transparansi dengan para petugas rumah sakit.

"Petugas rumah sakit harus memberikan pelayanan kesehatan yang optimal dan ramah bagi setiap pasien baik itu peserta BPJS Kesehatan maupun bukan, tidak boleh membeda-bedakan,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • JKN adalah singkatan dari Jaminan Kesehatan Nasional.

    JKN

  • BPJS Kesehatan merupakan salah satu badan hukum yang bertugas menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

    BPJS Kesehatan