Sukses

Sering Nyeri Pinggang? Mungkin Ini Penyebabnya

Sakit pingang yang kerap dialami seseorang, bisa terjadi karena kesalahan akibat kebiasaan mengambil sesuatu dengan menunduk.

Liputan6.com, Jakarta Sakit pingang yang kerap dialami seseorang bisa jadi karena kebiasaan keliru ketika mengambil sesuatu dengan menunduk. Sekecil apapun benda yang jatuh, sebaiknya lakukan gerakan jongkok terlebih dahulu sebelum mengambilnya.

Begitu disampaikan Pakar nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang (Jakarta Pain and Spine Center), dr Ade Sri Wahyuni, SpRM saat diwawancarai, ditulis Senin (14/9/2015).

"Sakit pinggang paling banyak terjadi karena berat badan, aktivitas, kehamilan atau salah mengambil sesuatu. Ketika posisi mereka yang sedang berdiri dan langsung menunduk akan menyebabkan otot dan bantalan tulang overstretch," katanya.

Ade menyontohkan, misalnya saat seseorang ingin menggendong anak kecil, bila langsung menunduk dapat menyebabkan trauma atau cedera otot ringan. Alhasil, dia akan mengalami nyeri atau sakit pinggang dan sulit tidur.

"Memaksa tubuh bergerak salah dengan beban tertentu bisa mengakibatkan otot terluka. Walaupun cedera ringan, tentu hal ini tidak nyaman," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini