Sukses

Jangan Langsung Duduk Saat Bangun Tidur, Ini Alasannya

Biasanya Anda akan mengalami sakit di leher karena posisi tidur yang tak tepat atau bantal yang tak pas untuk Anda.

Liputan6.com, Jakarta Biasanya Anda akan mengalami sakit di leher karena posisi tidur yang tak tepat atau posisi bantal yang tak pas ketika Anda tidur. Akibatnya, tiba-tiba leher menjadi kaku dan sangat menyakitkan serta tak nyaman. Untuk mencegah hal itu, sebaiknya jangan langsung duduk atau berdiri ketika bangun tidur.

Seperti disampaikan dokter spesialis Rehabilitasi Medik, dr Ade Sri Wahyuni dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang (Jakarta Pain and Spine Center), saat tidur kecenderungan posisinya itu statis, diam terus dan menghadap ke satu sisi dan tidak seimbang. Hal ini menyebabkan seseorang bisa mengalami nyeri setelah bangun tidur.

"Ubah posisi saat tidur, dan setelah bangun lakukan stretching dulu dengan gerakan sederhana, seperti terlentang, kaki ditekuk dan digerakkan sehingga ada kontraksi otot," kata Ade di sela-sela diskusi `Teknologi Nyeri Terkini` di bilangan Buncit, Jakarta, ditulis Senin (14/9/2015).

Selain itu, kata dia, penggunaan bantal yang salah juga berdampak pada timbulnya rasa nyeri. "Gunakan bantal satu saja, jangan terlalu tinggi. Taruh hingga sejajar bahu. ‎Hal ini dapat mencegah otot leher kaku," pungkasnya.

"Ubah kebiasaan tidur, lakukan peregangan dan relaksasi, ketiga hal ini dapat mengurangi nyeri saat bangun tidur," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.