Sukses

Berapa Tinggi Sol Sepatu yang Ideal untuk Wanita?

Sebaiknya seorang wanita tidak menggunakan sepatu berhak tinggi ataupun yang terlalu datar.

Liputan6.com, Jakarta Sebaiknya seorang wanita tidak menggunakan sepatu berhak tinggi ataupun yang terlalu datar. Hal ini dapat menyebabkan bagian tumit kerap nyeri dan menganggu aktivitas sehari-hari.

Pakar nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang (Jakarta Pain and Spine Center), dr Ade Sri Wahyuni, SpRM mengatakan, sebaiknya menggunakan sol sepatu dengan tinggi 3 cm agar terhindar dari nyeri tumit.

"Karena beban tubuh saat dipaksa menggunakan sepatu high heels dan flat shoes akan menyiksa otot kaki. Sehari, dua hari mungkin tidak masalah namun jika berminggu-minggu akan menyebankan kelemahan otot hingga pengapuran lebih cepat," kata dokter yang juga praktik di RS Mitra Keluarga ini pada wartawan di Jakarta, ditulis Minggu (13/9/2015).

Kendati demikian, bila Anda tidak dapat menghindari penggunaan sepatu berhak tinggi atau datar, sebisa mungkin lakukan peregangan usai menggunakannya.

"Saat menggunakan high heels, otot betis hingga paha akan tertarik dan bentuk kaki akan cenderung condong ke depan. Lakukan stretching dengan arah sebaliknya. Tarik kaki ke belakang agar otot kaki depan lebih kuat. Bisa juga dengan menarik kaki ke belakang hingga terasa tarikan otot," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini