Sukses

Program Pengelolaan Penyakit Kronis Untungkan Pasien

Prolanis ternyata mendatangkan keuntungan baik dari segi pasien dan Puskesmas.

Liputan6.com, Jakarta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) mungkin telah dikenal sejak zaman PT. Askes. Namun sejak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, program ini ternyata mendatangkan keuntungan baik dari segi pasien dan Puskesmas.

Seperti disampaikan dr Muhammad Sofyan dari Puskesmas Sudiang Kota Makkasar yang tengah giat memperkuat fungsi pelayanan kesehatan khususnya bagi diabetesi dan penderita hipertensi.

"Pasien selalu diajak untuk senam setiap hari Sabtu dan edukasi rutin ini cukup membuat Puskesmas aktif sehingga ada peningkatan jasa medik sebesar 3 kali lipat setiap bulannya," kata Sofyan saat temu media di Jakarta, ditulis Sabtu (12/9/2015).

Kendati demikian, kata dia, kota Makassar memiliki program homecare atau layanan kesehatan 24 jam dimana mereka dapat menghubungi call center di setiap Puskesmas.

"Saat ini terdapat 200 peserta prolanis di bawah binaan Puskesmas. Rata-rata kunjungan harian pun meningkat menjadi 150-200 orang per hari, dan 50-70 di antaranya adalah peserta BPJS Kesehatan," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BPJS Kesehatan merupakan salah satu badan hukum yang bertugas menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

    BPJS Kesehatan