Sukses

Ini Bahaya Nonton TV dan Main Gawai Sambil Tiduran

Kebiasaan nonton tv atau main gawai sambil tiduran dalam waktu lama dan rutin dapat menyebabkan nyeri kronik.

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan menonton televisi atau main gawai (gadget) sambil tidur, tanpa disadari dapat menyebabkan otot kaku dan tegang. Bila kebiasaan ini dilakukan dalam waktu lama dan rutin, maka dapat menyebabkan nyeri kronik.

Begitu disampaikan ‎dokter spesialis Rehabilitasi Medik, dr. Sri Wahyuni dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang saat ditemui wartawan di bilangan Buncit, Jakarta, Jumat (11/9/2015).

‎"Membuka ponsel sebelum tidur secara rutin itu nyandu. Tanpa terasa, otot leher dapat tegang. Lama-lama, struktur tulang berubah, bisa juga mengalami otot leher lurus," katanya.

Sri menerangkan, saat tulang leher terus dalam posisi menunduk, atau fokus pada sesuatu akan menyebabkan inflamasi dan berubahnya sendi facet.

"Nyeri kronik itu akumulasi yang biasanya dialami orang tua. Tapi kini kasusnya banyak orang muda. Mereka mengalami ‎lordosis, kondisi di mana lumbal spinalis (tulang belakang tepat di atas bokong) terlalu melengkung ke dalam," ujarnya.

‎Bila kebiasaan ini terus diabaikan, Sri tidak memungkiri bila Anda akan mengalami pegal-pegal, kaku, sulit menggerakkan leher dan disertai pusing, hingga nyeri sampai bahu dalam jangka waktu lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini