Sukses

Sekarang Kurus Tapi Pernah Gemuk Rentan Juga Sakit Jantung

Hati-hati, meski sekarang sudah kurus tapi dulu pernah obesitas, tetap berisiko mengalami penyakit jantung koroner.

Liputan6.com, Jakarta Risiko penyakit jantung koroner masih menghantui orang yang pernah obesitas meski sekarang terlihat sehat dengan bentuk tubuh dan berat badan ideal.

Sebab, telah terjadi penumpukan plak di area jantung selama orang tersebut hidup dengan kondisi obesitas. "Nah, belum ada bukti yang menyebut penumpukan plak bisa hilang begitu saja. Kalau sudah numpuk tidak bisa hilang," kata Spesialis Jantung Pembuluh Darah Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah Soni Hilal kepada Health Liputan6.com ditulis Kamis (10/9/2015)

Dengan kata lain kemungkinan sakit jantung koroner masih ada dan tidak berkurang, dan itu masih mungkin terjadi.

Soni menjelaskan, penumpukan kolesterol selama bertahun-tahun akibat kelebihan berat badan atau obesitas tidak mungkin bisa hilang dalam waktu sebentar. Dan sampai sekarang penelitian untuk mengurangi plak masih terus dilakukan.

"Ada yang menyebut bisa terjadi apabila mengonsumsi obat-obatan. Hanya saja tidak banyak, ukurannya kecil sekali (mikrometer)," kata Soni Hilal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini