Sukses

Kenapa Bisa Cepat Pulang Usai Pasang Ring?

Prosedur perawatan usai pemasangan ring (stent) pada jantung bisa dilakukan dalam waktu kurang 24 jam. Sehingga pasien bisa pulang cepat.

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang terheran-heran ketika Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dalam hitungan kurang dari 24 jam meninggalkan rumah sakit usai pemasangan ring (stent) pada jantungnya. Sebenarnya menurut para ahli ini sesuatu yang normal.

"Hal itu biasa. Efisien. Banyak yang dipasang ring pada pagi hari kemudian di sore hari boleh pulang," terang dokter spesialis jantung dan paru, dokter Santoso Karo Karo saat dihubungi sambungan telepon pada Kamis (10/9/2015).

Pemasangan ring di jantung yang dilakukan untuk membantu melancarkan aliran darah yang tersumbat akibat adanya plak dilakukan cukup 20 menit. Waktu secepat bisa dilakukan jika dokter memiliki jam terbang tinggi dan pemasangan ring hanya di satu tempat.   

Lalu, mengenai boleh atau tidaknya pasien pulang dalam jangka waktu satu hari ditentukan oleh tim dokter. Keputusan ini dilakukan setelah dokter melakukan pengamatan pada pasien beberapa jam usai dipasang ring.

Jika tim dokter tidak menemukan adanya masalah kesehatan lain pasien boleh pulang dalam waktu kurang dari satu hari. Namun, bila masih ada keluhan atau memiliki sakit lain seperti kencing manis berat, dokter meminta pasien menjalani rawat inap.

Pasien yang diizinkan pulang akan mendapatkan obat-obatan yang dikonsumsi secara rutin berdasarkan pengamatan dokter. Penghentian baru bisa dilakukan bila dokter memintanya.

Dokter juga menyarankan kepada pasien agar memperbaiki gaya hidup. Seperti meminta untuk berolahraga teratur, makan makanan sehat, tidak merokok, dan bila gemuk diturunkan berat badannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.