Sukses

Seks dan Masturbasi Cegah Penularan Virus Ebola

Semua laki-laki harus menahan nafsu biologisnya untuk berhubungan intim bila timbul gejala Ebola.

Liputan6.com, Sierra Leone Semua laki-laki harus menahan nafsu biologisnya untuk berhubungan intim bila timbul gejala Ebola. Mereka setidaknya akan diuji selama 3 bulan sampai dinyatakan aman tidak menularkan virus.

Begitu disampaikan Kepala Respon Ebola WHO, Bruce Aylward, seperti diberitakan Foxnews, Kamis (10/9/2015).

"Jumlah korban yang tertular dari air mani jauh lebih tinggi dari yang diharapkan," ujar seorang dokter kepada Reuters.

Dari studi yang tercatat dalam New England Journal of Medicine, dari 200 korban, ada setengah diantaranya memiliki jejak virus pada air mani setelah enam bulan.

"Ini bukan masalah seks berbahaya tapi air mani yang dapat menularkan virus. Kita tidak tahu, bagaimana orang benar-benar dapat tertular, di seprai koror atau apapun, belum jelas," ujar Aylward.

Penularan melalui air mani ini mungkin menjelaskan mengapa sejumlah kasus masih terjadi walaupun virus tersebut telah dinyatakan bersih.

"Virus atau wabah ini ibarat memiliki sengatan jahat pada bagian ekor. Ini belum selesai," katanya.

Data terbaru, di perbatasan utara Sierra Leone, seorang wanita 67 tahun meninggal akhir bulan lalu akibat Ebola. Sementara transmisi rantai virus dianggap telah selesai setelah 42 hari tanpa infeksi baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ebola merupakan penyakit yang menyerang manusia, monyet, simpanse, gorila, dan primata lain yang disebabkan oleh virus Ebola.

    Ebola

Video Terkini