Sukses

Saat Mulai Olahraga, Ini yang Harus Anda Tentukan

Ada tiga tujuan utama olahraga: sehat, fun, dan prestasi.

Liputan6.com, Jakarta Sejak awal Anda harus menentukan tujuan olahraga. Ini penting agar ada parameter yang digunakan. Demikian kata Dokter spesialis kedokteran olahraga, Michael Triangto.

"Jika memang tujuan utama sehat, ada paramater yang digunakan. Misalnya tekanan darah stabil, lemak tubuh berkurang," terang dokter yang juga berpraktek di RS Mitra Kemayoran saat dihubungi Health-Liputan6.com pada Rabu (9/9/2015).

Namun jangan salah, ada juga tujuan olahraga yang lain yakni fun. Orang yang melakukan olahraga ini melakukan sesuka hati dan bersenang-senang tanpa patokan yang jelas.

Ada juga orang yang orang yang berolahraga dengan tujuan prestasi yang telah ia ciptakan sendiri. "Misalnya, seseorang biasa berlari 5 kilometer dengan waktu 30 menit, ia kemudian berusaha untuk memperpendek waktu tempuh menjadi 25 menit," contoh dokter Michael.

Biasanya masing-masing olahraga ini tak mungkin bisa terwujud secara bersamaan. Contohnya begini, bila ingin mendapatkan tubuh sehat dengan berolahraga tai chi atau yoga misalnya, tidak mungkin bisa sambil fun. Atau mereka yang berolahraga dengan tujuan fun, manfaat sehat seutuhnya tidak mungkin didapatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini