Sukses

3 Cara Putihkan Gigi dengan Pasta Gigi Alami

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak menginginkan gigi sehat dan putih bersih alami? Namun, daripada menggunakan bahan kimia yang banyak dijual di swalayan, ada baiknya Anda mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Tapi sebelumnya, seperti dikutip Everydayroots, Rabu (9/9/2015), Anda perlu tahu mengapa gigi kita bisa berubah warna seiring bertambahnya usia. 

Menurut beberapa sumber, ada beberapa faktor yang menyebabkan gigi kuning termasuk genetika, jenis makanan, dan minuman yang Anda konsumsi, dan seberapa baik Anda menjaga kebersihan mulut.

Gigi terdiri dari 4 jaringan-enamel, yang merupakan lapisan luar putih yang kuat dan melindungi gigi, Dentin, yang mendukung enamel dan merupakan bahan yang membawa saraf. Pulp, inti gigi dan berisi darah dan pembuluh getah bening, dan sementum yang meliputi akar gigi.

Enamel dan dentin inilah yang berperan penting dalam warna gigi. Sayangnya, beberapa bahan kimia pemutih dapat merusak enamel gigi. Jadi menjaganya tetap bersih dan putih dengan bahan alami, sangat penting Anda perhatikan. 

Tunggu apalagi, ikuti caranya, yuk:

1. Baking Soda dan perasan lemon

brushing teeth with baking soda

Bahan:

1 sendok teh baking soda 
perasan lemon secukupnya

Caranya:

Campur beberapa sendok teh baking soda dengan perasan lemon segar (atau air) untuk membuat pasta gigi. Setelah diaduk rata, oleskan pada sikat gigi dan diamkan sekitar 1 menit, kemudian bilas untuk menghindari asam menempel terlalu lama pada enamel. (Jika Anda menggunakan air, bukan perasan lemon, biarkan sampai 3 menit).

 

1 dari 3 halaman

Strawberry, Garam, dan Baking Soda

2. Strawberry, Garam dan Baking Soda

using strawberry to whiten teeth

Stroberi tinggi vitamin C dan dipercaya dapat membantu memutihkan gigi kuning. Buah ini juga memiliki enzim yang disebut asam malat, yang dapat membantu untuk menghilangkan noda permukaan.

Sedangkan garam dan bakin soda digunakan sebagai bagian abrasif pasta gigi.

Bahan:

Stroberi besar 1-3 buah
garam secukupnya
1/2 Sendok teh baking soda (opsional)

Caranya:

Hancurkan buah menjadi bubur, dan tambahkan sedikit garam dan ½ sendok teh baking soda. Sebelumnya, bersihkan semua air liur dan kemudian terapkan pasta gigi ini. Biarkan campuran ini selama 5 menit, lalu bilas. 

 

2 dari 3 halaman

Minyak Kelapa

 3. Minyak Kelapa

coconut oil pulling

Oke, ini mungkin terkesan agak aneh, tapi asam laurat dalam minyak kelapa dapat menyingkirkan bakteri yang ditemukan dalam plak gigi yang membuatnya kuning. Bahan ini juga dapat meningkatkan kesehatan gusi, dan membantu menjaga napas Anda segar.

Bahan:

1 sendok makan minyak kelapa

Caranya:

Sebelum menyikat gigi, terapkan minyak kelapa pada gigi dan biarkan selama 10-15 menit, kemudian ludahkan, bilas dengan air, lalu gosok gigi Anda.

 

Artikel Selanjutnya
Puasa Tak Turunkan Kualitas Sperma
Artikel Selanjutnya
Lawan Kanker dengan Menelan Baterai