Sukses

5 Fakta tentang Orang Kidal

Ternyata benar, orang kidal paling tidak memiliki satu kreativitas menonjol

Liputan6.com, New York- Sekitar 10 persen masyarakat dunia aktif menggunakan tangan kiri alias kidal. Dan menjadi kidal bukanlah hal yang mudah karena sering mendapat diskriminasi. Mulai dari alat-alat yang hanya cocok untuk tangan kanan hingga dicap berperilaku negatif dibandingkan mereka yang aktif dengan tangan kanan.

Para ilmuwan belum mengetahui dengan pasti penyebab seseorang kidal. Hingga kini masih diprediksi karena gabungan antara gen dan lingkungan.

Di luar itu, masih banyak fakta-fakta menarik tentang orang kidal seperti dikutip dari laman Huffington Post, Rabu (9/9/2015).

1. Risiko tinggi psikosis
Mereka yang aktif dengan tangan kiri memiliki risiko memiliki gangguan jiwa seperti diungkapkan peneliti dari Yale University di Connecticut.

2. Risiko disleksia dan gangguan suasana hati
Studi di tahun 2010 yang diterbitkan dalam Jurnal Pediatrics mengungkapkan orang kidal memiliki risiko terkena disleksia (gangguan belajar yakni membaca dan menulis). Namun peneliti tak mengetahui persis kenapa hal ini bisa terjadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih kreatif

3. Lebih kreatif
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Psychology menyebutkan paling tidak ada beberapa bukti orang kidal memiliki satu segi kreatif.

4. Keuntungan di olahraga
Pegolf Phil Mickelson dan petenis Rafael Nadal merupakan dua atlet hebat yang bertangan kidal dan mampu memberikan perlawanan hebat dalam pertandingan olahraga. Menurut sebuah artikel dalam buku The Puzzle of Left-Handedness, orang kidal memiliki keuntungan dalam permainan bisbol, tenis, dan tinju.

5. Lebih penakut
Dalam konfrensi yang digelar The British Psychological Society, orang kidal cenderung penakut. Hal ini terkait dengan rasa takut oleh orang-orang di sekitarnya yang menggunakan tangan kanan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini