Sukses

Kemkes Adakan Lomba Menulis untuk Anak

Kemenkes menyelenggarakan lomba menulis dengan tema kesehatan yang menginspirasi untuk anak-anak yang masih duduk di bangku SD

Liputan6.com, Jakarta Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional 2015 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia akan menyelenggarakan lomba menulis dengan tema kesehatan yang menginspirasi untuk anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD).

Tujuan perlombaan ini untuk merangsang pelajar SD mengetahui yang kemudian mau dan mampu menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, hingga lingkungan. Selain itu, pelajar akan lebih mengenal bagaimana cara jalani pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang kemudian menerapkan pola itu di kehidupan sehari-hari.

Untuk program yang satu ini, Kementerian Kesehatan menggandeng dokterkecil.com yang digagas oleh mantan pembawa acara berita Ira Koesno dan penerbit Mizan. "Promkes (promosi kesehatan) berharap, hasil dari lomba ini tidak hanya dibaca tapi bisa juga diterbitkan. Maka itu bekerja sama dengan Mizan," kata Ira Koesno di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Rabu (9/9/2015)

Memang, tema penulisan yang diangkat tergolong susah. Namun, dengan tema-tema itulah mereka dapat melihat sejauh mana seorang anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar memahami arti kesehatan yang sesungguhnya.

"Kita juga ingin melihat bagaimana generasi muda ini memahami tema kesehatan. Promkes pun mengatakan, lempar saja ke mereka, jadi kita bisa tahu isu-isu mana saja yang lebih gencar di tingkat SD," kata Ira Koesno.

Ada pun tema yang diangkat pada lomba menulis anak dalam rangkaian HKN 2015: `Indonesia Cinta Sehat: Generasi Cinta Sehat, Siap Membangun Negeri` sebagai berikut

1. Makanan sehat untuk keluarga dengan gizi seimbang agar terhindar dari obesitas dan stunting
2. perilaku hidup sehat dengan melakukan aktivitas fisik
3. Hidup bersih dengan lingkungan bersih penting untuk kesehatan
4. Hidup tanpa alkohol, rokok, dan nafza itu keren
5. Gunakan obat sesuai resep dokter, sembarang minum obat bisa berdampak pada kesehatan
6. Pentingnya menjaga kesehatan reproduksi sejak dini
7. Imunisasi penting untuk mencegah penyakit

Mekanisme pelaksanaa:
1. Penerimaan karya (17 Juni-16 Oktober 2015)
2. Kualifikasi (19-23 Oktober)
3. Penjurian (26-31 Oktober)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.